Memahami Digital Branding, Strategi Bisnis di Era Serba Digital

Ruang digital kini menjadi hal yang esensial untuk industri bisnis online. Pergerakan digital yang begitu masif sangat membantu perusahaan memasarkan brand secara cepat dan berinteraksi lebih mudah dengan target pelanggan mereka. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi digital branding untuk memperkuat eksistensi brand agar melekat di ingatan pelanggan.

Digital branding atau pencitraan merek digital ini mencakup berbagai aspek. Yuk, cari tahu tentang apa itu digital branding, manfaat hingga strategi yang dijalankan pada artikel ini!

Pengertian Digital Branding

Mari pahami dahulu dua perbedaan yaitu definisi dari branding dan digital branding agar lebih paham tujuan dari keduanya. 

Definisi Branding

Branding bisa dikatakan sebagai proses kreatif yang dilakukan untuk menghasilkan nilai dari barang atau jasa yang akan dipasarkan ke masyarakat. Branding adalah cara efektif untuk menciptakan dan merancang brand dengan ciri khasnya sehingga mudah diingat masyarakat.

Untuk menciptakan hal tersebut, perusahaan harus memastikan dahulu memiliki jawaban dengan lima pertanyaan berikut:

  • Bisnis seperti apa yang Anda miliki?
  • Apa yang membuat brand Anda unik dan berbeda dari yang lain?
  • Apa misi dari brand Anda?
  • Apa nilai-nilai brand Anda?
  • Siapa target pelanggan brand Anda?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat membantu brand untuk mendefinisikan dan memahami strategi bisnis yang akan dilakukan kedepannya. 

Definisi Digital Branding

Digital branding adalah cara membangun dan merancang brand melalui media digital, seperti website, aplikasi, media sosial, video dan lainnya. Dengan begitu, perusahaan memiliki ruang gerak yang luas dalam memasarkan produk mereka. Apalagi proses pemasaran melalui internet begitu mudah dan efektif untuk menjangkau target pelanggan, mengingat gaya hidup masyarakat saat ini tidak bisa lepas dari internet.

Bisa dikatakan bahwa digital branding ini merupakan kombinasi digital marketing dan internet branding untuk memasarkan brand secara online.

Manfaat Digital Branding

Pelaku bisnis dapat memaksimalkan digital branding untuk potensi memasarkan brand secara online. Pasalnya, cara ini dapat membantu tidak hanya untuk menarik pelanggan tetapi juga membangun karakter brand hingga strategi promosi. Berikut manfaat yang bisa didapatkan dari strategi ini: 

Memiliki Beragam Channel

Digital branding dapat dilakukan melalui berbagai macam channel online sesuai kebutuhan brand, seperti platform social media atau website. Dengan begitu, pesan akan tersampaikan lebih personal

Menargetkan dan Menjangkau Banyak Audiens 

Manfaat selanjutnya adalah membantu brand membidik pelanggan mereka melalui platform social media, seperti Instagram, TikTok, Facebook atau Twitter dengan menargetkan pengguna platform-platform yang digunakan pelanggan tersebut. Tidak hanya itu, platform social media juga memberikan kesempatan brand untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dalam waktu singkat.

Terkoneksi dan Berinteraksi dengan Audiens

Selain itu, digital branding yang sukses dapat membantu brand terkoneksi dengan pelanggan, terutama jika brand aktif memasarkan produk di platform social media. Sekaligus memberikan Interaksi dengan pelanggan secara real time, sehingga brand dapat langsung memahami keluhan atau masalah yang disampaikan pelanggan. Seperti sharing, posting atau memberikan likes dari mereka di social media brand tersebut. 

Menguatkan Pesan Brand 

Kehadiran internet menjadi tempat bagi perusahaan untuk mempromosikan, membagikan dan merekomendasikan produk. Sehingga nantinya akan memiliki pengikut atau pelanggan yang kuat. 

Membangun Ciri Khas

Dengan digital branding yang sukses akan memberikan perbedaan atau ciri khas brand tersebut dari kompetitornya, sehingga nantinya akan melekat di benak pelanggan.

Strategi Menjalankan Digital Branding

Berikut adalah beberapa strategi yang bisa dilakukan perusahaan untuk memasarkan produk mereka secara online.

Membuat Logo

Membuat logo harus mencerminkan kepribadian dan nilai-nilai dari bisnis yang akan terus diingat oleh masyarakat luas. Seperti logo McDonald dengan ciri khas huruf “M” besar berwarna kuning atau logo Disney dengan kuping tikusnya.

Membuat Website

Langkah selanjutnya adalah membuat website sebagai ‘rumah’ dari brand tersebut. Karena tempat ini sebagai sumber informasi dari brand itu sendiri, mulai dari sejarah brand, jenis-jenis produk dan informasi lainnya. Agar pengunjung website betah, sebaiknya dibuat yang user friendly dan sederhana serta informasi yang efektif. 

Menyampaikan Pesan Produk

Pesan produk juga penting dalam proses branding ini. Pesan tersebut harus mewakili apa yang dilakukan dan diyakini perusahaan brand tersebut. Tidak hanya itu, penggunaan bahasa yang unik dan otentik akan membuat brand semakin mudah diingat pelanggan.

SEO 

SEO atau Search Engine Optimization akan memastikan bahwa brand dan produk mudah ditemukan di mesin pencarian. Dimulai mendesain website dengan strategi SEO yang tepat, seperti mencari keywords yang tepat menggunakan keyword tool. Dengan begitu Google akan mengindeksi dan memberi peringkat website tersebut.

Social Media

Social media sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Maka dari itu, ini kesempatan brand sebagai ruang digital branding untuk menyampaikan pesan bisnis mereka. Dengan banyak pilihan social media yang bisa digunakan, semakin banyak informasi yang akan pelanggan dapatkan. 

Brand dapat menjadwal kapan posting konten, mengecek komentar, merespons pelanggan hingga konten seperti apa yang disukai konsumen tentang brand tersebut. 

Menggunakan Ads

Fitur ads yang sudah tersematkan di berbagai jejaring sosial juga bisa dimanfaatkan oleh brand. Manfaatnya adalah untuk menentukan sasaran pelanggan dari iklan, sehingga strategi pemasaran akan tersampaikan lebih maksimal. 

Email Marketing

Email marketing bisa menjadi alternatif strategi digital brandi untuk pelanggan yang tidak menggunakan social media. Cara ini dilakukan secara efektif, menarik dan jelas ke segmen pelanggan tertentu sesuai dengan apa yang ingin dicapai brand.

Jasa Influencer 

Pemasaran melalui orang-orang dengan followers yang banyak di social media bisa menjadi alternatif strategi digital branding. Brand dapat memilih influencer yang sesuai dengan karakter brand tersebut dan meminta mereka posting mengenai apa yang ingin dipromosikan dari brand. 

Itulah seluk-beluk tentang digital branding untuk memasarkan produk secara online. Sudah siap mempromosikan brand? Ayo dicoba jasa Bounche yang menawarkan layanan branding agency!

Related Posts