Apa Itu Brand Ambassador dan Apa Yang Mereka Kerjakan?

Mungkin Kamu sering melihat seorang publik figur mempromosikan produk atau brand sebuah perusahaan di berbagai media. Tak jarang juga melihat mereka menceritakan aktivitas sehari-harinya yang sedang menggunakan brand tertentu di sosial medianya. Tahu tidak? Bahwa hal tersebut merupakan salah satu tugas dari seorang brand ambassador. Mari simak artikel berikut ini agar tahu lebih lengkap seputar brand ambassador, mulai dari pengertiannya, tugasnya, dan cara menjadi seorang brand ambassador.

Definisi Brand Ambassador

Reputasi dan popularitas sangat menentukan keberhasilan perusahaan. Tidaklah cukup bagi perusahaan untuk menampilkan diri mereka dengan cara terbaik saja. Maka dari itu, mereka membutuhkan seseorang yang dinamakan brand ambassador

Brand ambassador adalah seorang profesional yang secara resmi diakui oleh merek (brand) sebuah perusahaan sebagai perwakilan dan membantu menyebarkan informasi tentang brand tersebut. Profesi ini mempunyai pribadi yang ramah untuk menjadi juru bicara di berbagai acara dan mempromosikan brand dan produknya secara online dan offline. Secara garis besar, tujuan dari seorang brand ambassador adalah mengenalkan sebuah brand atau produk kepada masyarakat.

Banyak orang menganggap bahwa pekerjaan ini merupakan “wajah” dari sebuah merek. Oleh sebab itu, perusahaan tidak sembarangan dalam mencari profesi untuk produknya. Orang yang nantinya akan menjadi “wajah” dari suatu brand dan dikenal masyarakat luas haruslah sesuai dengan identitas dari perusahaan yang dipromosikannya.

Jika tidak demikian, maka masyarakat akan tidak percaya dengan brand dan tidak menggunakan produk dari brand tersebut. Misalnya saja, sebuah brand yang mempunyai visi dan misi dalam dunia pendidikan maka brand ambassador yang dipilih adalah seseorang yang mempunyai kredibilitas di bidang tersebut dan merupakan seseorang yang inspiratif. 

Biasanya seseorang yang dijadikan profesi ini adalah para publik figur atau individu yang mempunyai keahlian profesional yang sudah diakui dalam suatu bidang. Namun, tidak hanya dari kalangan publik figur saja yang bisa menjadi brand ambassador. Orang-orang yang berada di dalam perusahaan, seperti karyawan di bagian marketing juga bisa menjadi “wajah” dari perusahaan tersebut. Hal tersebut bisa berjalan tergantung dengan tujuan bisnis yang akan dicapai suatu perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab Brand Ambassador

Jika Kamu bertanya-tanya bagaimana cara menjadi brand ambassador, penting bagi Kamu untuk memahami peran dan tanggung jawab pekerjaan seperti itu dengan baik. Sebagai wajah dan suara perusahaan, seseorang ini mempromosikan produk baik offline maupun online. Adapun tanggung jawab yang harus diemban seorang brand ambassador, yaitu sebagai berikut.

  1. Mewakili merek secara positif di banyak tempat
  2. Membantu tim marketing dalam pembuatan konten pemasaran (misalnya, menulis blog, buletin, ulasan produk, dan lain sebagainya)
  3. Berpartisipasi dalam pemasaran acara
  4. Membangkitkan kesadaran merek melalui strategi pemasaran dari mulut ke mulut
  5. Memberikan informasi dan wawasan tentang produk atau layanan baru

Dengan meningkatnya pengaruh internet dan media sosial, peran profesi ini telah berkembang. Seorang brand ambassador harus mengikuti arus perkembangan teknologi dan internet dengan menavigasi Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan berbagai media sosial lainnya dengan baik.

Maka dari itu, tanggung jawab profesi ini yaitu perlu dan harus membantu tim bagian marketing untuk membuat konten pemasaran yang berkualitas di media sosial agar membawa prospek bagi perusahaannya. 

Pahami Cara Menjadi Brand Ambassador

Dimungkinkan untuk bekerja sebagai perwakilan brand, karena tidak ada kualifikasi formal, namun banyak pengusaha lebih memilih individu yang memiliki kualifikasi di bidang komunikasi. Selain itu, individu tersebut mempunyai pengikut media sosial yang luas atau kehadiran di masyarakat juga bermanfaat. 

Jika kamu merasa memiliki keterampilan komunikasi yang hebat serta mempunyai pengikut media sosial yang luas dan berdampak positif bagi masyarakat, coba ikut langkah-langkah berikut untuk memulai menjadi seorang brand ambassador.

1. Carilah merek yang ingin Kamu wakili

Untuk memulainya, cari perusahaan yang ingin kamu dukung yang sesuai dengan kemampuan kamu. Ada baiknya cari tahu terlebih dahulu tentang identitas, nilai-nilai, dan tujuan merek produk suatu perusahaan yang akan kamu dukung. Lalu, pahami prinsip-prinsip dasar mereka dan orang-orang yang mereka butuhkan dalam brand-nya.

2. Personal Branding

Ciptakan kepribadian yang unik dan jelas secara online. Temukanlah sesuatu hal yang menjadikan itu ciri khas kamu. Misalnya kamu senang berolahraga maka munculkanlah konten-konten olahraga di media sosial sehingga merek-merek olahraga akan mempercayai kamu sebagai brand ambassador-nya.

3. Libatkan audiens yang lebih luas

Kamu perlu membuat konten berkualitas untuk membangun reputasi dan kepercayaan yang baik. Lakukan yang terbaik untuk membuat postingan yang menarik untuk mendapatkan pengikut yang banyak di media sosial kamu.

4. Jaga komunikasi dengan pengikut Kamu di media sosial

Aktiflah dengan pengikut kamu, salah satunya dengan cara membalas komentar-komentar mereka. Bisa juga dengan meminta mereka untuk berbagi pengalaman dan pendapat mereka. Hasilnya, kamu tidak hanya akan mempertahankan pengikut yang ada, tetapi juga menarik pengikut baru.

5. Hubungi perusahaan yang ingin Kamu ajak kerja sama

Setelah akun media sosial siap dan  telah memutuskan merek mana yang ingin kamu dukung, mulailah menjangkau perusahaan-perusahaan. Kamu dapat mengirim pesan kepada perusahaan dan menawarkan layanan melalui media sosial atau email. Kamu juga dapat melakukannya secara langsung dengan mengunjungi acara dan pertemuan khusus.

6. Perbedaan Brand Ambassador dan Global Ambassador

Setelah mengetahui seluk-beluk profesi ini, kamu juga perlu tahu bahwa brand ambassador berbeda dengan global ambassador. Global ambassador merupakan seseorang yang memainkan peran pemasaran penting untuk merek mewah karena kemampuan mereka untuk mempromosikan merek dengan cara yang tidak terlihat seperti iklan tatap muka. 

Merek dapat mengembangkan hubungan yang kuat dengan konsumen melalui global ambassador dengan faktor pengenalan tingkat tinggi dan penggemar berat misalnya, grup idola Korea BTS atau Blackpink.

Demikian pembahasan tentang artikel branding ini. Jangan lupa pilih Bounche, saat Anda memerlukan jasa branding agency di Indonesia, terutama wilayah Jakarta.

Related Posts