Pentingnya Brand Identity: Manfaat, Elemen Hingga Cara Melakukannya

Jika kamu ingin menciptakan brand yang sukses maka membutuhkan pilar yang kuat dan ada nilai-nilai penting yang harus dibentuk agar brand melejit di pasar. Untuk memulai hal tersebut harus dilakukan dengan berbagai aspek, salah satunya adalah brand identity atau identitas merek. 

Sekarang mari pahami dahulu apa itu pengertian, manfaat, elemen-elemen hingga cara membangun brand identity di artikel ini.

Pengertian Brand Identity

brand identity adalah cara membentuk persepsi orang terhadap suatu brand dalam bisnis. Karena pada dasarnya persepsi sangat penting untuk membentuk nilai serta karakter produk agar selalu dikenal dan diingat oleh pelanggan. Dalam menciptakan persepsi tersebut terbagi atas beberapa elemen yang membantu menciptakan identitas brand yang kuat dan berbagai cara untuk memperkenalkan identitas tersebut. 

Manfaat Brand Identity

Setelah memahami pengertiannya, langkah selanjutnya adalah mengetahui manfaat dari brand identity. Terdapat  lima manfaat, yaitu:

Meningkatkan Daya Saing Bisnis 

Jika brand tersebut memiliki brand identity yang kuat, maka otomatis akan menonjol dan dapat bersaing dari kompetitornya. Daya saing yang meningkat akan membuat brand tersebut tetap paling unggul dari pesaingnya. Atas kemampuan ini, brand tersebut akan lebih cepat dikenal di pasar, sehingga bisa menarik pelanggan lebih banyak.

Brand Lebih Mudah Dikenal 

Manfaat brand identity selanjutnya adalah dapat membantu pelanggan mengingat brand tersebut, berkat identitas yang dilakukan brand sangat kuat. Tentu saja hal ini cenderung membuat pelanggan memilih untuk membeli produk tersebut dibandingkan produk yang kurang familiar. Ini berarti berpotensi mendapatkan keuntungan bagi bisnis.

Membangun Loyalitas dan Kepercayaan

Manfaat selanjutnya yaitu membangun loyalitas dan kepercayaan kepada pelanggan brand. Jika brand memiliki identitas yang unik dan berkarakter dari kompetitornya, maka akan membentuk hubungan emosional yang kuat dengan pelanggan. Cara ini akan memperkuat dan mengembangkan hubungan jangka panjang dengan pelanggan, sehingga akan menciptakan loyalitas yang lebih besar lagi.

Menunjukkan Komitmen Bisnis

Dengan brand identity yang kuat akan membentuk komitmen besar pada bisnis untuk memberikan lebih banyak loyalitas dalam brand yang dibangun. Maka pelanggan percaya dan melihat bahwa brand tersebut begitu menjanjikan. 

Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Dari berbagai poin di atas dapat disimpulkan bahwa pada akhirnya semua itu akan meningkatkan keuntungan bisnis. membantu mendapatkan penjualan lebih besar  karena dapat mendatangkan pelanggan baru secara mudah.

Elemen dalam Menciptakan Brand Identity

Setelah paham dengan manfaat brand identity, kini saatnya mengetahui apa saja elemen untuk menciptakan merek dengan identitas yang kuat. Berikut elemen-elemen tersebut:

Personality

Contoh elemen brand identity yang paling dasar adalah personality dari merek tersebut. Tentukan personalitas dan pesan apa yang ingin dikomunikasikan kepada pelanggan. Seperti contoh menciptakan personality layaknya emosi visual yang dimiliki brand ditunjukkan dengan pilihan warna, logo atau kata-kata.

Logo

Logo merupakan bagian dari branding design dan sebagai landasan dalam identitas merek sebuah brand. Tampilan logo hadir dalam semua media yang berhubungan dengan bisnis promosi, seperti produk, media sosial, website, dan lain-lain.

Hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat logo, yaitu:

  1. Mengkomunikasikan dengan jelas siapa dan nilai apa dari brand tersebut
  2. Visual yang menarik, meliputi sederhana dan rapi
  3. Sesuai dengan standar perusahaan
  4. Membuat desain yang memberikan lasting impressions kepada konsumen

Warna

Warna ternyata memberikan ikatan psikologis dengan pelanggan atau calon pelanggan. Menggunakan warna yang tepat akan berdampak pada bagaimana sebuah brand dirasakan oleh konsumennya dan warna dapat merepresentasikan “karakter” dari brand tersebut.

Kekuatan warna bahkan berdampak besar. Sebuah studi menyebutkan bahwa 90% orang akan mengambil keputusan secara cepat dalam membeli atau tidak membeli produk karena warna dari brand produk. 

Bahasa

Bahasa yang digunakan juga turut berperan sebagai identitas brand sebuah produk. Jika identitas brand yang dibentuk adalah kesan trendi, sebaiknya gunakan bahasa kasual atau kekinian. Sedangkan jika brand memiliki karakter premium, gunakan bahasa profesional dan lebih baku. Elemen ini akan membantu mengakrabkan brand dengan pelanggannya. 

Tipografi

Elemen brand identity yang terakhir adalah font tulisan pada logo. Terdapat empat jenis tipografi utama, yaitu fonts Serif (Times New Romance, Garamond), Sans Serif (Helvetica, Franklin Gothic), Script Typography, dan fonts Display. Tipografi yang dipilih akan menunjukan bagaimana jenis tulisan tersebut berbicara tentang brand. 

Cara Membangun Brand Identity

Selanjutnya adalah hal-hal penting untuk membangun brand identity. Ini dia langkah-langkah yang harus dilakukan:

Melakukan Riset

Pertama adalah melakukan riset pasar. Pelaku bisnis harus mencari tahu seperti apa pelanggan melihat produk serta layanan yang akan diberikan oleh brand. Selain itu, penting untuk menganalisa kompetitor untuk mengetahui strategi yang mereka gunakan. Perusahaan dapat menggunakan metode analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), yaitu cara melihat kekuatan, kelemahan, peluang hingga ancaman pada perusahaan untuk membantu menentukan tujuan dan langkah-langkah bisnis. 

Membuat Strategi

Setelah melakukan riset, langkah selanjutnya adalah melakukan strategi. Membangun brand identity membutuhkan strategi yang matang dan memakan waktu tidak cepat. Oleh karena itu, penting membuat strategi yang tepat sasaran agar brand sampai pada goal bisnis dan menarik pelanggan yang tepat.

Membuat Desain yang Khas

Desain yang khas dan unik, hal ini berkaitan dengan elemen-elemen brand identity, adalah langkah selanjutnya untuk membangun identitas merek. Perusahaan dapat bekerjasama dengan desainer profesional untuk menghasilkan desain yang mewakili karakter brand tersebut.

Menggunakan Media Sosial

Menggunakan media sosial juga penting untuk membangun brand identity. Ini dilakukan untuk memberikan interaksi komunikasi kepada pelanggan, sekaligus meningkatkan pelayanan yang baik di mata pelanggan. Strategi ini bisa dilakukan dengan membuat konten-konten menarik terkait brand dengan persona buyer yang sesuai, bisa berupa informasi, promosi dan lainnya. Perhatikan juga logo, warna serta font tulisan yang konsisten mewakili brand tersebut Oleh karena itu, profesi social media specialist kini banyak diincar.

Seperti itulah membangun brand identity agar brand yang kamu ciptakan bisa bersaing unggul di pasar dan menghasilkan banyak pelanggan. Semoga bermanfaat! Dan ingat, pilih Bounche, ketika Anda butuh jasa branding agency!

Related Posts