Mau Engagement Tinggi? Cari Tahu Waktu Terbaik Posting di Instagram

Media sosial Instagram punya peran besar dalam aktivitas masyarakat saat ini karena penggunanya yang begitu besar. Terutama mereka yang memiliki pekerjaan berhubungan dengan kegiatan digital. Jika awalnya Instagram hanya untuk berbagi aktivitas dan informasi pribadi, kini menjadi lahan bisnis atau tempat promosi brand. Salah satu caranya dengan mengetahui kapan waktu terbaik posting di Instagram.

Kenapa hal ini diperlukan? Alasan ini dilakukan agar dapat mempengaruhi engagement yang baik dari konten yang diunggah. Konten tersebut akan mendapatkan engagement tinggi apabila pemilik akun tahu kapan momen yang tepat saat audiens memberikan respons tinggi terhadap konten tersebut, baik berupa likes, comment, atau share.

Pelaku bisnis, baik pemula maupun brand ternama, sudah mulai menerapkan cara ini sebagai strategi marketing mereka. Bagi kamu yang masih belum tahu, simak bagaimana mencari waktu terbaik posting dan jenis-jenis konten Instagram yang menarik audiens di penjelasan selanjutnya.

Jenis-Jenis Konten di Instagram

Sebelum mengetahui jenis-jenis konten Instagram, ketahui dahulu ukuran jenis posting di Instagram. Pada ukuran feed Instagram yang direkomendasikan yaitu 1080 x 1080 pixel dengan aspek rasio 1:1, yang mana ukuran tersebut tidak akan pecah/terpotong saat diunggah. Sedangkan konten video bisa dalam ukuran persegi (1080 x 1080), landscape (1080 x 566) atau portrait (1080 x 1350) dengan perbedaan masing-masing ukuran. 

Lalu, jenis konten Instagram apa yang menarik dan membuat audiens tertarik berinteraksi? Perlu kamu tahu, tidak semua jenis konten cocok dengan profil bisnis, jadi pilih mana yang paling sesuai persona bisnis.

  1. Konten giveaway atau kuis agar audiens bisa berinteraksi dalam unggahan tersebut.
  2. Konten tips dan trik yang mengedukasi.
  3. Konten yang sedang tren, karena Instagram harus selalu up-to-date mengikuti perkembangan.
  4. Konten informasi dalam infografik, bisa seputar fakta yang berhubungan dengan bisnis.
  5. Konten dengan cerita inspiratif, seperti profil tokoh dengan cara interview.
  6. Konten tanya jawab di Instagram Story.
  7. Konten berbentuk quote yang menggugah emosional atau inspiratif.
  8. Membuat video reels yang unik dan fun, bisa berupa tentang produk, promo atau profil.
  9. Ucapan hari penting, seperti hari raya agama, kemerdekaan dan lain-lain.
Waktu Terbaik Posting di Instagram

Kapan Waktu Terbaik Posting di Instagram?

Salah satu strategi meningkatkan penjualan yang dilakukan pebisnis adalah mengoptimalkan brand awareness agar target konsumen lebih familiar dengan produk. Nah, caranya bisa dilakukan dengan media sosial Instagram. Ingat bahwa pengguna Instagram dari tahun ke tahun meningkat signifikan, maka mempelajari cara melihat waktu terbaik posting konten di Instagram memberikan dampak besar.

Perhatikan Zona Waktu dan Target Audiensnya

Pertama, pemilik akun perlu memahami zona waktu ketika mau posting dan target audiens mana yang dituju. Misal jika pemilik akun berada di luar negeri, tetapi targetnya hanya di Indonesia maka sebaiknya ikuti rekomendasi waktu terbaik posting Instagram sesuai zona di Indonesia, bisa dengan menjadwalkan postingan. 

Cari Tahu Waktu Paling Aktif dari Audiens

Selanjutnya, cari tahu behaviour dari followers atau audiens akun tersebut. Pada akun Instagram bisnis bisa menggunakan fitur insight untuk mencari tahu kapan followers paling aktif dan melihat data berdasarkan konten, aktivitas dan audiens (lokasi, usia, gender). Bahkan bisa mengatur timeframe jam atau hari untuk melihat kapan waktu paling aktif berinteraksi.

Rekomendasi Global Hari dan Waktu Terbaik Posting Instagram 

Cara menemukan jam terbaik untuk posting instagram tidak hanya dari insight dalam analisa pada akun tersebut. Pengguna akun juga bisa melakukan posting menurut rekomendasi global. Mengutip artikel dari hubspot.com, secara global waktu terbaik untuk posting Instagram adalah pukul 11 hingga 2 siang di hari kerja, karena waktu tersebut orang-orang sedang makan siang. Sedangkan waktu malam bisa dilakukan pada pukul 7-9 malam saat waktu makan malam setelah selesai beraktivitas. 

Rekomendasi jam ini juga bisa berbeda, tergantung dari hari. Namun yang pasti paling tidak direkomendasikan posting pada hari Sabtu atau Minggu. Berikut data dari platform Sprout Social tahun 2022: 

  • Senin, Rabu, dan Jumat: pukul 11 pagi – 12 siang
  • Selasa: pukul 11 pagi – 2 siang
  • Kamis: pukul 11 pagi

Pertimbangan ini didapatkan dari hasil data bahwa sebagian besar pengguna media sosial Instagram meluangkan waktunya scrolling Instagram saat waktu makan siang. Bahkan berpeluang besar untuk berbagi konten tersebut yang dilihatnya menarik. 

Itu dia ulasan tentang mencari waktu terbaik posting konten di Instagram. Perlu dilakukan agar konten yang sudah dibuat maksimal tidak terbuang sia-sia, bukan? Semakin menarik atensi followers pasti semakin semangat membuat konten yang lebih kreatif. Hal ini juga yang menjadi strategi divisi Social Media di Bounche Digital Agency saat posting konten brand, karena tentu saja engagement dapat mendekatkan audiens dengan produk yang dipromosikan.