Analisis SWOT, Saatnya Bikin Bisnis kamu Makin Kompetitif

Analisis SWOT menjadi rumusan dasar dalam ilmu bisnis untuk merancang strategi bisnis. Dalam pengaplikasiannya, analisis SWOT juga bisa jadi metode mudah guna mengembangkan bisnis. Mari ketahui lebih jauh tentang analisis SWOT menilik dari pengertian, tujuan, manfaat, dan cara menerapkannya pada artikel di bawah ini. 

Pengertian Analisis SWOT 

Analisis SWOT berasal dari gabungan kata Strengths (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (kesempatan), dan Threat (ancaman). Berangkat dari situ, analisis SWOT adalah ilmu analisis untuk memetakan kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman pada sebuah rencana bisnis dalam bentuk data yang sederhana. 

Lalu, dari pemetaan tersebut, kamu dapat merancang penyelesaian masalah yang cukup efektif pada bisnis kamu sehingga meminimalisir adanya kerugian. Orang yang menginisiasi metode ini adalah Albert S. Humphrey ketika sedang mengadakan sebuah proyek penelitian di Stanford Research Institute sekitar tahun 1960-an. Teknik ini dinilai sederhana dan efektif, oleh karena itu banyak orang mulai ikut menerapkannya dan kebanyakan dari para pebisnis. Para pebisnis tersebut menerapkan teknik analisis SWOT dengan tujuan membangun lini bisnis mereka agar semakin tumbuh dan berkembang. 

Empat Komponen dalam Analisis SWOT

Supaya kamu bisa memahami betul tentang metode analisis ini, berikut pemaparan singkat dari empat komponen penting yang membangun analisis SWOT. 

Strengths

Secara literal arti kata strengths adalah kekuatan. Jadi, kamu harus menilai faktor-faktor yang bisa jadi kekuatan pada bisnis yang kamu bangun. Pastikan kekuatan yang bisnis kamu miliki tidak dimiliki oleh kompetitor supaya bisnis kamu bisa bersaing. 

Weakness

Bila ada kekuatan, tentunya juga ada kelemahan. kamu tidak boleh hanya berfokus pada kelebihan saja, tetapi juga harus mengukur kelemahan pada bisnis. Tujuannya agar kamu bisa segera memikirkan solusi sebagai tindakan preventif demi menghindari kerugian. 

Opportunities

Opportunities artinya adalah kesempatan. Pada poin ini kamu harus melihat berbagai peluang yang bisa diraih untuk menyokong bisnis. Selain melihat dari peluang yang terbuka di depan, kamu wajib memperkirakan seberapa besar dampak peluang tersebut pada bisnis agar dapat mencapai target yang diinginkan dan jangan sampai kesempatan menjadi bumerang untuk kamu. 

Threats

Poin terakhir yang tak kalah penting adalah ancaman. Ketika mulai berbisnis, kamu harus memperkirakan faktor-faktor lain yang berpotensi jadi ancaman bisnis kamu di masa depan. Caranya bisa dengan melakukan perencanaan ulang atau melakukan inovasi yang belum dijalankan oleh kompetitor. 

Analisis SWOT

Tujuan Melakukan Analisis SWOT 

Setiap melakukan sesuatu tentu ada motif atau tujuan di baliknya. Analisis SWOT juga punya beberapa tujuan teruntuk perencanaan bisnis. Apa sajakah itu?

Dapat Memperkirakan Potensi Masalah di Masa Depan

Dengan melakukan metode analisis SWOT, tentunya kamu jadi bisa memperkirakan bibit ancaman yang mungkin bisa mengganggu kelancaran bisnis. Setelah berhasil memperkirakan potensi masalah, kamu sudah siap dengan rencana cadangan dan strategi baru yang sudah disusun sebelumnya. Diharapkan bisnis kamu akan tetap lancar dan tidak kelimpungan ketika sedang menghadapi masalah. 

Memiliki Pemetaan Data-Data Penting

Berdasarkan keempat poin analisis SWOT tersebut, kamu jadi mempunyai data-data penting sebagai pemetaan, sehingga tidak salah langkah ketika sedang ingin menyusun strategi bisnis. kamu pun jadi lebih memahami kondisi internal bisnis yang kamu bangun dan melakukan evaluasi jika terdapat kekurangan. Selanjutnya, kamu juga jadi lebih memperhatikan faktor eksternal yang berpotensi menghambat bisnis.

Memberikan Ruang untuk Berkembang

Data yang didapat dari analisis SWOT dapat kamu jadikan patokan untuk melakukan inovasi pada perusahaan. Dengan kata lain, metode ini memberikan ruang pada bisnis kamu untuk berkembang sehingga bisa terus bertahan di persaingan bisnis yang semakin ketat. 

Mempertahankan Posisi Perusahaan

Salah satu tujuan analisis SWOT juga untuk mempertahankan posisi perusahaan kamu dari gempuran berbagai kompetitor yang bisa kapan saja mengancam bisnis. Setelah memiliki pemetaan dari analisis SWOT, kamu dapat mengukur dan mempertimbangkan kelebihan dan peluang yang dimiliki perusahaan, sehingga perusahaan tidak mudah tumbang meski banyak kompetitor baru bermunculan. 

Lebih Berhati-Hati Saat Mengambil Keputusan 

Ketika kamu sedang menyusun rencana bisnis, tentunya harus mempertimbangkan berbagai faktor sebelum menentukan langkah strategi yang diambil. Untuk itulah analisis SWOT bisa membantu kamu jadi lebih berhati-hati sebelum menentukan strategi yang tepat dan meminimalisir kesalahan dalam mengambil keputusan. 

Manfaat Analisis SWOT

Setelah menilik kelima tujuan analisis SWOT, menerapkan metode ini dalam menyusun rencana bisnis bisa mendatangkan banyak keuntungan dan manfaat. Bila kamu mempraktekkan analisis SWOT, manfaat langsung yang bisa dirasakan adalah lebih berhati-hati sebelum mengambil keputusan yang bisa berdampak pada masa depan perusahaan. Kemudian, berkat analisis SWOT juga jadi terbantu sehingga bisa lebih kritis dalam berpikir, teliti dalam mencanangkan rencana bisnis, dan mampu memecahkan masalah dengan baik.  

Namun, kamu baru akan merasakan manfaat analisis SWOT jika sudah menerapkan alur pengaplikasian analisis SWOT yang benar. Bagaimanakah caranya?

  1. Pertama-tama, cari tahu dulu apa saja kekuatan pada perusahaan kamu. Lalu, carilah cara supaya bisa memanfaatkan kekuatan tersebut lewat peluang yang kamu ciptakan atau bisa melalui peluang yang ada di depan mata demi mendapatkan keuntungan.
  2. Kedua, pikirkan apa saja kelemahan perusahaan kamu. Selanjutnya pikirkan tindakan preventif yang matang dan lakukan evaluasi supaya bisa menghalau berbagai risiko dan ancaman yang berpotensi jadi penghambat di masa depan. 
  3. Terakhir, rencanakan langkah yang akan kamu ambil supaya dapat mengatur kelemahan dalam internal perusahaan yang kemungkinan jadi ancaman pengembangan perusahaan di waktu yang akan datang. 

Cara Membuat Analisis SWOT

Bagi kamu yang masih asing dengan analisis SWOT tetapi tertarik ingin mengaplikasikannya ke dalam rencana bisnis, berikut tata cara membuat analisis SWOT. 

  1. Menentukan dahulu target perusahaan secara detail dan rasional. 
  2. Mulai lakukan pemetaan dengan menuliskan empat komponen SWOT ke dalam bentuk tabel atau diagram supaya lebih mudah dibaca dan dipahami. 
  3. Kumpulkan tim untuk membuka berbagai sudut pandang dan mempermudah kamu merumuskan ide-ide guna perencanaan bisnis. 
  4. Menyusun berbagai pertanyaan yang meliputi empat komponen dalam analisis SWOT. 

Berdasarkan cara-cara berikut, kamu bisa melihat jika analisis SWOT punya beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan analisis SWOT adalah tidak memerlukan biaya untuk jasa analis bisnis, sebab caranya sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja dan tidak harus ahli di bidangnya. Di sisi lain, melakukan analisis SWOT juga hemat waktu karena bisa dilakukan cukup cepat. 

Sayangnya, analisis SWOT juga terdapat beberapa kekurangan, yakni ada kemungkinan mengabaikan beberapa masalah sehingga tidak segera terpecahkan. kamu juga tidak bisa langsung menentukan keputusan terbaik karena analisis SWOT bisa menimbulkan banyak ide dan perspektif yang tentunya perlu dipikirkan secara hati-hati.  

Analisis SWOT menjadi gerbang pembuka dalam perjalanan bisnis kamu. Jika kamu sudah menerapkan analisis SWOT dengan benar dan tepat, tidak perlu khawatir lagi dengan perencanaan bisnis ke depannya. Meski begitu, kamu tetap harus konsisten dan pantang menyerah apalagi jika bisnis kamu masih dalam tahap merintis. 

Related Posts