Content Development: Pengertian, Strategi, Pekerjaan, Serta Skill yang Harus Dimiliki

Content development menjadi proses yang dinamis dan terus berkembang, bahkan memainkan peran penting dalam lanskap digital saat ini. Adanya proses ini membuat informasi mudah diakses, konten yang dibuat semakin menarik, dan mampu menciptakan sesuatu yang penting bagi bisnis, individu, serta organisasi. Baik itu postingan blog, pembaruan media sosial, video, podcast. Konten yang dibuat dengan baik dapat menarik perhatian audiens, memicu percakapan, dan mendorong koneksi yang berarti. 

Memiliki pendekatan yang tepat untuk pengembangan konten, membantu Anda untuk bisa menjadikan diri sebagai sumber informasi berharga maupun terpercaya. Jadikan diri Anda untuk mau belajar lebih dalam content development agar setiap konten yang dibuat dapat berkembang dengan lebih baik lagi kedepannya. 

Apa Itu Content Development?

Content development adalah proses membuat, mengedit, dan memproduksi konten secara relevan dan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan target audiens. Hal tersebut melibatkan pembuatan materi secara beragam mulai dari artikel, blog, video, infografis, podcast, dan panduan yang dirancang untuk dapat menyampaikan informasi, pendapat, serta hiburan kepada pengguna.  

Kegiatan ini menjadi salah satu hal yang penting dari strategi pemasaran konten, sebab jika hanya melakukan promosi konten secara terus-menerus namun tidak dikembangkan terlebih dahulu, maka konten yang dibuat bisa saja berakhir sia-sia. Kurangnya pengembangan dalam membuat konten promosi kemungkinan engagement yang didapat juga tidak berkembang dan akhirnya hanya menghasilkan spam.

Melalui hal tersebut, pengembangan konten ini harus dimaksimalkan dengan baik agar mendapatkan kenaikan pada engagement untuk mencapai hasil yang lebih maksimal. Bahkan beberapa perusahaan menjadikan pengembangan konten sebagai profesi sendiri akibat dunia pemasaran konten kini semakin ketat. 

Content Development Strategy

Strategi pengembangan konten mengacu pada rencana yang dapat menguraikan bagaimana Anda membuat dan mengelola konten untuk memenuhi tujuan bisnis Anda. Berikut terdapat langkah-langkah yang terlibat dalam mengembangkan strategi pengembangan konten.

1. Menentukan tujuan: mulailah menentukan tujuan pemasaran konten Anda secara jelas. Apakah Anda ingin meningkatkan kesadaran merek, menghasilkan arahan, mengarahkan lalu lintas situs web, atau membangun pemikiran kepemimpinan? Melalui hal tersebut sasaran Anda akan membentuk strategi konten Anda.

2. Identifikasi target audiens: dengan memahami demografi, minat, titik kesulitan, hingga preferensi audiens target Anda. Dengan itu, akan membantu Anda membuat konten yang lebih selaras.

3. Lakukan penelitian kata kunci: teliti kata kunci dan topik yang relevan di industri Anda. Identifikasi kembali istilah dan frasa yang digunakan audiens untuk mencari informasi terkait dengan produk atau layanan Anda. 

4. Memilih jenis konten: tentukan jenis konten mana yang paling baik untuk menyampaikan pesan dan melibatkan audiens Anda. Serta jangan lupa untuk mempertimbangkan postingan blog, video, infografis, podcast, dan studi kasus. 

5. Buat kalender editorial: membuat perencanaan jadwal pembuatan dan publikasi mengenai konten Anda di kalender editorial. Kalender ini berisi topik, tenggat waktu, anggota tim yang bertanggung jawab, dan rencana promosi.

Job Description Content Development

Pengembangan konten memiliki banyak job description yang beragam dengan ciri khas tertentu. Penting bagi untuk mengetahui perbedaan setiap pekerjaan ketika ingin bergabung menjadipengembangan konten. Berikut beberapa job description yang perlu Anda ketahui.

  1. Strategi konten: bertanggung jawab dalam mengembangkan dan menjalankan strategi konten yang mendukung tujuan pemasaran, identitas merek, serta target audiens. Tidak lupa juga untuk tetap perbarui tren industri dan praktik terbaik agar konten yang ada menjadi inovatif dan berdampak.
  2. Optimasi SEO: bertanggung jawab dalam mengoptimalkan konten melalui mesin pencarian dengan memasukan kata kunci yang relevan, tag meta, dan praktik terbaik SEO lainnya. serta perbarui dengan tren dan teknik SEO agar memaksimalkan visibilitas konten dan lalu lintas secara organik.
  3. Kolaborasi dan koordinasi: mampu bekerja sama dengan tim lintas fungsi yang meliputi pemasaran, desain, produk, dan memastikan konten dapat selaras dengan inisiatif pemasaran. Serta berkolaborasi dengan pakar materi pelajaran agar mendapatkan masukan yang diperlukan dan memvalidasi keakuratan konten.
  4. Promosi konten: bertanggung jawab untuk mendukung promosi konten dengan menyusun postingan media sosial secara menarik, membuat salinan iklan, dan dapat berkoordinasi dengan tim pemasaran untuk mendistribusikan konten melalui saluran yang sesuai.
  5. pengeditan dan pengoreksian: bertanggung jawab dalam meninjau dan mengedit konten yang telah dibuat oleh anggota tim lain untuk memastikan kejelasan, akurasi, dan konsistensi. Serta koreksi semua konten untuk dapat mengidentifikasi dan mengoreksi kesalahan yang ada dalam tata bahasa, ejaan, dan tanda baca.

Skill yang Harus Dimiliki

Skill menjadi hal utama dalam pengembangan konten karena dapat membantu pekerjaan lebih cepat dan lancar. Apabila skill tidak sesuai dengan job desk membuat Anda kesulitan untuk mengejar banyaknya pekerjaan dan harus mengejar dari awal supaya pekerjaan yang dilakukan sesuai ketentuan. Berikut beberapa skill yang perlu Anda ketahui.

  • Memiliki penelitian yang kuat dan kemampuan analisis untuk mengumpulkan dan menafsirkan informasi dengan efektif.
  • Pengalaman sebagai pengembang konten, copywriter, dan peran serupa.
  • Kemahiran dalam sistem manajemen konten (CMS) dan alat SEO.
  • Memiliki keakraban dengan platform media sosial dan strategi distribusi pada konten.
  • Memiliki keterampilan pada komunikasi dan kolaborasi yang sangat baik agar pekerjaan dapat berjalan secara efektif dengan tim lintas fungsi.
  • Memiliki pemikiran yang kreatif dan kemampuan untuk dapat menghasilkan berbagai ide secara inovatif.
  • Mahir untuk menulis agar memudahkan dalam mengembangkan konten.
  • Memiliki jiwa analisis dengan baik agar setiap konten yang sudah dipublikasi dapat diterima audiens dengan baik. 

Content development menjadi alat ampuh yang dapat mendorong merek, bisnis, dan upaya pribadi Anda ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan secara konsisten menghasilkan konten berkualitas tinggi, relevan, dan menarik. Anda dapat menjadikan diri Anda sebagai pemimpin pemikiran, membangun komunitas yang setia, dan mendorong interaksi yang bermakna dengan audiens target Anda. 

Tapi perlu diingat pengembangan konten adalah proses berkelanjutan yang membutuhkan kreativitas, penelitian, dan kemampuan beradaptasi. Tetap selaras dengan tren yang selalu berubah, dengarkan audiens Anda, dan manfaatkan kekuatan bercerita untuk membuat konten yang beresonansi dan menginspirasi. Ikuti perjalanan pengembangan konten, dan Anda akan menemukan potensi besar yang dimilikinya untuk kesuksesan Anda di dunia digital.