Mengenal Industri Kreatif, Pengertian dan Jenis-jenisnya

Menurut Departemen Perdagangan Indonesia, industri kreatif adalah industri yang memanfaatkan kreativitas, keterampilan, dan bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Dewasa ini industri kreatif pun semakin gencar dijalankan oleh berbagai kalangan termasuk pemerintah Indonesia. Industri kreatif hadir sebagai wadah untuk orang-orang yang memiliki ide serta gagasan kreatif agar bisa mengolahnya menjadi sebuah karya. Dengan kreativitas seseorang itulah yang nantinya dapat berguna dalam menciptakan kesejahteraan serta membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang membutuhkan. Oleh karena itu, industri ini dianggap mampu mendorong roda perekonomian negara sekaligus menjadi wadah berekspresi untuk banyak orang. 

Untuk memahami lebih jelas mengenai industri kreatif, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian hingga jenis dan contohnya.

Apa Itu Industri Kreatif?

Industri kreatif adalah sebuah proses penciptaan, kreativitas, dan ide dari seseorang atau sekelompok orang yang bisa menghasilkan sebuah karya, tanpa mengeksploitasi sumber daya alam, serta dapat dijadikan produk ekonomi yang menghasilkan. Industri pada bidang kreatif ini sangat bergantung pada mutu sumber daya manusia, karena hasil pemikiran kreatif muncul dari individu yang memiliki akal dan kemampuan bernalar.

Maka dari itu, kenapa saat terjun ke industri kreatif, kamu akan bertemu banyak orang cerdas yang memiliki ide cemerlang dan kemampuan berpikir yang out of the box. Industri ini pun dituntut untuk selalu bisa inovatif tanpa mengesampingkan fungsionalitas produknya. Semakin tumbuhnya Industri kreatif di Indonesia, maka semakin menunjukan bahwa ekonomi Tanah Air mampu berinovasi dan bersaing dengan negara lainnya.

Jenis Industri Kreatif

Setelah paragraf sebelumnya membahas pengertiannya, bisa disimpulkan bahwa industri ini merupakan konsep bisnis inovatif yang mengedepankan ide, gagasan, informasi, dan kreativitas sebagai faktor utamanya. Ada beberapa jenis bidang industri yang bisa dikategorikan sebagai kreativitas yang dihasilkan untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat. Di Negara Indonesia, industri kreatif terbagi menjadi 14 jenis sektor yaitu antara lain:

1. Arsitektur

2. Periklanan

3. Film, Fotografi, atau Video

4. Musik

5. Televisi dan Radio

6. Pasar seni dan budaya

7. Kerajinan

8. Fashion

9. Desain

10. Permainan Interaktif

11. Layanan Komputer dan Piranti Lunak

12. Seni Pertunjukan

13. Penerbitan dan Percetakan

14. Riset dan Pengembangan

Creative Industry

Contoh Industri Kreatif

Setelah terbagi menjadi 14 sektor jenis creative industry yang memiliki nilai ekonomi tinggi, industri kreatif juga memiliki beberapa contoh karya yang dihasilkannya. Beberapa karya dari tersebut pun mudah kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah contoh-contohnya.

1. Produksi kain batik

Batik adalah salah satu kain tradisional hasil karya bangsa Indonesia yang sudah dihasilkan secara turun temurun. Bahkan, produksi batik Indonesia saat ini sudah banyak mengalami perkembangan, baik dari segi desain maupun prosesnya. Dalam proses produksi kain batik hingga menjadi produk yang siap dipasarkan, tentunya terdapat banyak proses dilalui yang membutuhkan banyak kesabaran dan kreativitas.

2. Proses pembuatan film

Dalam membuat film, pastinya membutuhkan tahapan panjang yang dimulai dari menciptakan ide, membuat kerangka cerita, penulisan naskah, proses syuting, penyuntingan, hingga akhirnya sebuah film siap untuk ditayangkan dan ditonton banyak orang. Produk yang dihasilkan berupa film merupakan buah dari kreativitas pihak-pihak terkait dalam setiap prosesnya.

3. Pagelaran wayang atau sendratari

Pertunjukan seni dalam bentuk pagelaran tari, wayang, teater, serta drama musikal, sangat erat kaitannya dengan budaya masyarakat. Beberapa contoh seni pertunjukan tersebut tidak hanya menjadi sumber penghasilan para seniman, namun menjadi salah satu cara menjaga warisan budaya.

4. Percetakan buku

Industri kreatif dalam bidang penerbitan dan percetakan memproduksi hasil atau karya dalam bentuk tulisan seperti buku, majalah, koran, dan undangan. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, para penulis pun sudah banyak yang beralih ke dalam bentuk digital, seperti e-book, blog, dan website.

5. Peragaan busana

Peragaan busana merupakan kegiatan atau acara yang biasanya diadakan oleh para perancang busana untuk menunjukan dan memperkenalkan karya-karyanya kepada masyarakat luas. Proses dalam peragaan busana merupakan salah satu kegiatan yang membutuhkan kreativitas karena menyangkut banyak pihak, mulai dari perancang busana, model, penyedia produk-produk fashion hingga penunjang busana.

6. Kreator konten

Untuk menjadi seorang youtuber atau kreator konten, pastinya membutuhkan kreativitas yang tinggi dan dituntut untuk selalu bisa memiliki ide yang fresh setiap harinya. Hal tersebut demi terciptanya konten yang berkualitas dan unik sehingga menarik para pengguna internet untuk menonton dan menikmati konten tersebut.

Itulah pembahasan seputar creative industry serta jenis dan contoh-contohnya. Perkembangannya di Indonesia bisa dibilang cukup banyak memiliki potensi. Terbukti banyaknya produk dan konten kreatif yang dihasilkan oleh para generasi milenial saat ini yang turut serta menopang perekonomian Indonesia. Bounche Indonesia sebagai digital agency bisa dibilang juga telah ikut serta dalam mengembangkan industri kreatif dengan membangun konsep, ide, dan kreativitas untuk menciptakan kampanye digital untuk klien mereka.

Selain itu, semakin beragamnya media sosial yang ada saat ini, membuat Bounche digital agency dituntut untuk bisa terus beradaptasi dengan algoritma dari masing-masing media sosial. Algoritma sendiri adalah sebuah social media analytics untuk developer menganalisis konsumen mereka, sehingga dengan mempelajarihal tersebut dalam akun sebuah brand, maka tim sosial media dan digital strategist pun dapat mengetahui konten seperti apa yang populer pada platform tersebut.

Nah, apakah kamu sendiri siap terjun ke dalam industri ini? Bagi kamu yang tertarik dan ingin mencoba masuk ke dalam dunia industri kreatif, kamu bisa loh merasakannya lewat Bounche creative agency

Related Posts