Siasat Mengetahui & Meningkatkan Engagement Rate Instagram

Sudah susah payah membuat konten dan punya followers banyak di Instagram tetapi saat sudah di-posting alhasil engagement rate yang didapat ternyata kecil. Tidak banyak mengundang komen atau likes dari followers atau audiens lain. Berarti ada yang harus dibenahi untuk menghasilkan engagement rate yang baik di media sosial tersebut.

Mungkin bagi pengguna akun pribadi hal ini tidak terlalu bermasalah, tetapi bagi seorang publik figur, influencer atau akun brand untuk kebutuhan bisnis adalah hal yang cukup krusial. Pastikan pahami dahulu cara bagaimana mengetahui dan meningkatkan engagement rate Instagram yang tepat. Ikuti penjelasannya di bawah ini, ya.

Apa Itu Engagement Rate Instagram?

Apa itu pengertian dari engagement rate instagram? Yaitu sebuah matrik yang mengukur bagaimana interaksi audiens terhadap konten yang kamu posting di Instagram. Metrik ini kerap digunakan dalam dunia digital marketing untuk melihat kesuksesan keterlibatan followers terhadap konten-konten yang disajikan. Indikator dari engagement rate atau bisa disebut ER ini yaitu berupa berapa lama audiens membaca konten, memberikan komentar, memberi likes atau share (membagikan konten di akun pribadi atau ke orang lain) dan lain sebagainya. Semakin baik keterlibatan audiens berarti kamu berhasil memberikan konten yang sehat dan erat dengan audiens.

Manfaat Engagement Rate Instagram

Bagi kamu yang bekerja di dunia digital marketing atau mengelola akun media sosial sebuah produk perlu paham kenapa engagement rate di Instagram itu penting. Alasannya ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan, yaitu:

  1. Engagement rate akan memberikan penilaian tentang pengalaman audiens terhadap konten yang kamu kelola.
  2. Memberi informasi tentang mana konten yang berkualitas dan tidak serta cocok untuk audiens akun tersebut.
  3. Engagement rate di Instagram memberikan gambaran bagaimana konten yang akurat tepat sasaran kepada pengikutnya.
  4. Membantu mengukur seberapa efektif dan berhasilnya sebuah campaign yang dijalankan brand.
  5. Dapat membantu melihat pergerakan akun kompetitor melalui berbagai tools yang tersedia. Seperti Social Blade dan Awario.

Cara Menghitung Engagement Rate Instagram

Sebelum menghitung, sebenarnya berapa engagement rate yang bagus untuk Instagram? Standarnya secara umum yaitu berkisar antara 1% hingga 5%. Namun begitu tetap saja ada beberapa patokan yang harus dilihat dari berbagai faktor seperti followers atau demografi.

Lalu bagaimana cara menghitung engagement rate di Instagram yang sudah kamu kelola, apakah sudah baik atau mencapai dari standar patokan umum? Sederhana saja, yaitu: 

Engagement Rate (%) = (jumlah likes + comment + share / jumlah followers) x 100

Rumus ini memudahkan pengelola akun melihat indikator dalam interaksi yang terjadi antara followers dan konten yang diunggah secara keseluruhan. Sedangkan jika tiba-tiba akun Instagram menghasilkan angka reach post yang tinggi, kamu dapat menghitung engagement postingan di Instagram bisa dengan rumus:

Engagement Rate (%) = (total engagement per post / total followers) x 100

Cara Meningkatkan Engagement Rate Instagram

Jika sudah tahu cara menghitung engagement rate, tugas selanjutnya adalah bagaimana cara menaikkan engagement rate di Instagram? Pastikan kamu melakukan langkah-langkah di bawah ini:

Membuat Konten Berkualitas dan Menarik

Konten yang berkualitas dan menarik tidak harus membahas topik yang berat, namun terpenting adalah sesuai konteks dan terlihat menarik bagi audiens. Ini bisa diketahui dengan siapa target audiens dari akun tersebut. Konten bisa dengan bahasan ringan dan tidak bertele-tele, yang terpenting dapat dipahami oleh audiens dan membuat mereka tertarik untuk meresponsnya.

Meramu Caption yang Bagus 

Kata-kata atau kalimat yang unik, menarik dan bagus bisa menjadi ‘magnet’ bagi audiens. Pastikan menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan persona akun tersebut dan usia serta karakter para followers. Dengan begitu, engagement yang didapatkan akan lebih baik daripada membuat caption yang terlalu biasa atau membosankan.

Memposting di Jam yang Tepat

Ini juga salah satu hal penting bagi pengelola akun dalam memutuskan waktu posting konten. Setiap target audiens yang dituju memiliki behaviour yang berbeda-beda, jadi tidak ada patokan sama untuk hal ini. Namun begitu, secara umum dapat dilihat dari berbagai aspek seperti demografi, usia atau pekerjaan yang dapat dilihat dari fitur insight pada Instagram. Penjelasan lengkap tentang ini bisa baca artikel Waktu Terbaik Posting di Instagram ini, ya.

Menggunakan Hashtag yang Relevan dengan Konten

Hashtag atau tagar pada konten dapat membantu menjangkau audiens lebih banyak di Instagram kamu, asalkan menggunakan kalimat yang relevan dengan isi konten. Hashtag dapat menjangkau audiens yang bukan followers namun memang tertarik dengan topik tersebut. Bisa menggunakan hashtag yang populer atau tidak namun lebih segmented sesuai isi konten.

Aktif Berinteraksi dengan Audiens

Terakhir cara untuk meningkatkan engagement rate di Instagram adalah pastikan untuk selalu aktif dan berinteraksi dengan audiens yang memberikan respons di akun tersebut. Jangan sampai menjadi admin yang pasif atau membalas dengan jangka waktu yang terlalu lama. Terkadang balasan tersebut bisa membuat audiens atau followers lebih loyal karena merasa diperhatikan.

Itu dia penjelasan rumus untuk mengetahui engagement rate Instagram dan siasat meningkatkan ER untuk mengukur keberhasilan konten-konten yang sudah diposting. Langkah-langkah ini juga yang selalu dilakukan oleh divisi Social Media di Bounche Digital Agency ketika harus mencari tahu ER dalam akun brand yang dikelola. Dengan begitu tidak ada lagi buang-buang waktu membuat konten tanpa hasil yang baik. Semoga informasi ini berguna, ya!