8 Cara FYP di Tiktok, Mudah dan Menarik!

Viral, pernah dengar istilah tersebut? Bagaimana supaya seseorang menjadi viral? Bagaimana seseorang bisa muncul di beranda kita? Yap, Tiktok. Sebagai suatu platform, aplikasi yang satu sudah lazim dikenal oleh orang-orang zaman sekarang. Perkembangannya melebihi aplikasi lain seperti Instagram dan Facebook. User yang banyak ini menjadikan Tiktok sebagai salah satu platform yang mampu membuat seseorang yang mulanya bukan siapa-siapa menjadi terkenal atau viral. Lalu, apakah seseorang yang viral dapat begitu saja terkenal atau ada prosesnya? Simak sampai akhir, ya!

Apa Itu FYP? (2900)

FYP (For Your Page) merupakan sebuah istilah yang merujuk pada suatu keadaan dimana sebuah konten lewat pada beranda. FYP diciptakan oleh sebuah algoritma yang diarahkan oleh mesin pembaca selera. Pembaca selera ini bekerja berdasarkan kebiasaan user saat berinteraksi dengan konten baik berupa like, comment, atau share. Ketiga tindakan tersebut akan membuat user menerima konten-konten serupa pada beranda.

Secara sederhana, FYP dapat dipahami sebagai hal-hal yang disukai. Ketika user sedang penasaran dengan suatu hal, ia akan mencarinya dalam pencarian Tiktok. Dari sana, mesin Tiktok akan memutuskan untuk mengirim konten-konten yang relevan dengan user. Dengan begitu, pertanyaan selanjutnya, bagaimana caranya agar kita, sebagai konten kreator dapat sering muncul di beranda orang lain?

Cara Cepat Fyp Tiktok (1900)

Sebagai konten kreator, tentu salah satu hal yang menjadi harapan adalah agar konten dilihat oleh banyak orang. Namun, melihat kenyataan bertambahnya pengguna, akan semakin sulit juga membuat sebuah konten lewat di FYP. Sebenarnya, bagaimana caranya agar konten bisa masuk FYP? Berikut ini adalah cara cepat agar konten tampil di FYP!

1. Kuantitas < Kualitas

Prinsip ini, mau tidak mau, harus diterapkan pada konten-konten yang akan diunggah. Penting untuk diperhatikan bahwa kualitas konten haruslah lebih penting daripada kuantitas. Semakin bagus konten, akan semakin berpeluang masuk FYP daripada konten yang sekadar mengejar jumlah. Jika selama ini pikiran berkutat pada prinsip “lebih banyak konten, lebih besar kemungkinan FYP”, maka mindset tersebut perlu diubah. Kenyataannya, banyak konten kreator dengan video sedikit tetap masuk di FYP.

2. Memaksimalkan kualitas konten

Orientasi jumlah penonton seringkali membuat konten kreator terpaku padanya. Padahal, selain hanya untuk menambah jumlah, kualitas konten juga akan meningkatkan tingkat kepuasan diri sendiri. Hal yang patut menjadi perhatian adalah kualitas gambar yang HD. Kualitas gambar yang buram dan rendah menjadi pantangan yang mutlak. Hal lain yang mesti menjadi pertimbangan adalah pengoptimalan filter dan transisi agar kontenmu memiliki ciri khas yang melekat dengan kreatornya.

3. Hindari Durasi Panjang

Sekarang, zaman semakin cepat. Orang-orang senang mendapatkan informasi dengan cara yang mudah dan dalam waktu yang singkat. Maka dari itu, hindari membuat konten dengan durasi yang lama. Durasi yang paling ideal berkisar antara 15-30 detik. Jadi, dalam waktu yang singkat tersebut, buatlah konten yang dapat merangkum pesan sebagai konten kreator. Dengan begitu, penonton akan tertarik melihat video hingga selesai.

4. Menggunakan Backsound yang Trending

Penggunaan backsound lagu trending dapat membantu konten tampil di FYP. Algoritma terkadang tidak hanya mengarahkan pada isi konten, tetapi juga pada sound yang serupa. Dengan menggunakannya, potensi untuk masuk FYP akan semakin besar. Caranya adalah dengan membuka FYP dan lihat konten dengan interaksi terbanyak lalu gunakan sound yang sama.

5. Gunakan Backsound yang Disukai Followers

Menggunakan sound yang disukai followers dapat dilacak dengan mengikuti jejak kesukaannya. Dengan menggunakan sound yang disukai, maka pengikut Anda akan otomatis menyukai konten Anda. Sound ini juga dapat memancing interaksi dengan pengikutnya.

6. Penggunaan Hashtag yang Tepat

Masih banyak user yang mengira bahwa menggunakan hashtag #FYP dapat meningkatkan engagement. Namun, cara tersebut belum tentu efektif untuk meningkatkan interkasi dengan penonton. Cara yang paling tepat adalah dengan menggunakan hashtag yang relate dengan konten yang kamu buat. Penggunaan hashtag yang paling tepat adalah dengan menggunakan hashtag yang sedang populer.

7. Mengikuti Tren

Mengikuti tren adalah upaya yang paling tepat untuk menjadikan konten Anda FYP. Salah satu cara yang paling praktis adalah mengikuti challenge yang sedang viral. Dengan mengikutinya, konten Anda akan menjadi algoritma bagi konten utama yang viral.

8. Berinteraksi dengan Followers

Banyak orang yang mengira bahwa hal-hal sesederhana membalas komentar adalah hal yang berguna. Padahal, berinteraksi dengan followers menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan interaksi dengan viewers yang lain. Pada akhirnya, interaksi tersebut akan menjadi alasan konten Anda menjadi FYP.

9. Gunakan Caption yang Menarik

Caption yang menarik adalah salah satu unsur yang mendukung isi konten. Dengan mendeskripsikan isi konten secara sederhana, peluang konten kamu untuk ditonton akan semakin meningkat. Strategi paling sederhana dalam menciptakan caption adalah mempertimbangkan keringkasan dan memicu rasa penasaran. Dengan demikian, akan terjadi perbincangan lebih lanjut melalui kolom komentar.

Jam Fyp Tiktok (33100)

Setelah memahami kriteria apa saja yang dibutuhkan agar konten masuk FYP, hal selanjutnya yang perlu dipahami adalah jam mengunggah. Setiap aplikasi memiliki prime time masing-masing, tidak terkecuali Tiktok. Jika Anda telah selesai dengan urusan membuat konten yang menarik, waktu unggah lah yang kemudian akan menentukan kontenmu akan FYP atau tidak.

Cara paling mudah untuk menentukan waktu paling ideal untuk unggah adalah saat followers atau para pengguna paling aktif di TikTok. Untuk mengidentifikasi lebih jauh, Anda perlu mengetahuinya melalui performance akun di TikTok Pro Account. Secara umum, waktu yang ideal untuk mengunggah konten adalah sela-sela waktu jam kerja istirahat siang antara pukul 12.00 hingga 13.00. Selain itu, ada lagi pada waktu pulang kerja yaitu sekitar pukul 16.00 sampai 17.00.