Profesi SEO Specialist, Dari Skill Sampai Perannya untuk Marketing

Saat ini profesi yang membutuhkan kemampuan dengan menggunakan internet atau mesin pencari Google semakin banyak diminati. Hal ini tak lepas dari gaya hidup sehari-hari yang selalu terkoneksi dengan internet. Jadi tak dipungkiri bahwa profesi SEO Specialist kini terbilang menjanjikan. 

Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang startup atau digital agency biasanya membutuhkan jasa SEO Specialist untuk menangani website sebuah perusahaan atau klien. Pasalnya, website dapat menjadi ‘rumah’ untuk mempromosikan brand atau perusahaan untuk orang-orang yang ingin mencari informasi yang lengkap. Lebih tepatnya profesi ini bekerja dalam ruang lingkup dunia digital marketing, karena tujuannya membantu meningkatkan penjualan. 

Biar lebih paham apa itu SEO Specialist, dari tugas hingga perannya untuk meningkatkan sales produk. Lanjut baca penjelasan di bawah ini.

Pengertian SEO Specialist 

Kepanjangan dari SEO itu sendiri adalah Search Engine Optimisation atau dalam bahasa Indonesia yaitu optimisasi mesin pencari. Secara pengertian SEO Specialist adalah profesi yang bertanggung jawab untuk mengoptimalkan sebuah website sehingga dapat meningkatkan ranking tertinggi di mesin pencari Google dan organic traffic website tersebut. Profesi ini juga bertugas untuk menganalisa dan menguji website tersebut agar menarik banyak audiens berkunjung dan betah ‘berselancar’ di website. Tentunya jika hal ini berhasil maka memungkinkan memberi keuntungan terhadap penjualan bisnis atau promosi perusahaan.

Jadi, seorang SEO Specialist tidak hanya paham cara menulis dengan kata-kata yang baik menggunakan keywords, tetapi juga memperhatikan tampilan image, bagaimana memaksimalkan website secara utuh agar menarik audiens lebih banyak, hingga rutin memonitor performa website secara rutin. Inilah mengapa profesi ini harus bekerja sama dengan seorang web developer dan desain grafis. 

Tugas SEO Specialist 

Jika kamu sudah paham pengertian dari SEO Specialist, selanjutnya adalah mengenal berbagai tugas dan tanggung jawab profesi ini pada umumnya. Apa saja? 

Membuat Strategi SEO

Tugas seorang SEO Specialist yang utama adalah membuat strategi SEO agar performa rank website meningkat di SERP (Search Engine Results Page), sehingga keywords yang ditargetkan bekerja dengan baik saat audiens melakukan pencarian di search engine. Hal ini bisa dimulai dengan melakukan keywords research  yang nantinya digunakan untuk di halaman website sesuai dengan tujuan target marketing dari brand atau perusahaan pemilik website tersebut. 

Menciptakan strategi SEO sebenarnya begitu luas, tidak hanya pencarian keywords tetapi juga dari strategi tema konten yang sesuai tujuan target audiensnya, on-page, off-page, backlink, link building dan lain sebagainya. 

Mengidentifikasi dan Menganalisa 

SEO Specialist juga perlu mengidentifikasi dan menganalisa dari website kompetitor. Seperti bagaimana organic traffic dan strategi yang mereka gunakan sehingga menghasilkan perfoma organik yang baik di mesin pencari Google. Ini penting dilakukan untuk meningkatkan tujuan dan performa dari website yang sedang dioptimasi.

Memonitor Secara Rutin

Jika strategi SEO sudah dibuat dan dilakukan maka selanjutnya adalah rutin memantau atau memonitor perkembangan strategi yang sudah dijalankan tersebut. Seperti ranking website, keywords yang sudah ditargetkan hingga analytics untuk mengetahui performa website.

Update dengan Algoritma Search Engine

Seorang SEO Specialist juga dituntut untuk tetap update dengan perubahan algoritma pada search engine. Karena perubahan ini bisa terjadi sehingga dapat mempengaruhi strategi yang sudah dibuat sebelumnya, dengan begitu juga membantu untuk menjaga performa website.

Memberikan Insight Perubahan Website

Tugas seorang SEO Specialist selanjutnya adalah memberikan masukan jika ada pertimbangan untuk merubah struktur website, isi konten, atau hal lainnya. Perubahan ini bisa saja terjadi untuk meningkatkan posisi website lebih performed melalui target keywords yang ditentukan.

Berkolaborasi dengan Lintas Divisi

Untuk mencapai performa website yang maksimal, SEO Specialist membutuhkan kolaborasi dari berbagai tim atau divisi dalam lingkup kerjanya. Seperti web developer, copywriter atau UI/UX designer. Dengan begitu tujuan dari strategi SEO yang sudah dibuat dapat diimplementasikan dengan optimal. Oleh karena itu, penting sekali untuk diskusi dan brainstorming antar divisi tersebut.

Memproduksi Konten Sesuai Target Audience

Konten adalah bagian penting untuk membantu meningkatkan performa rank sebuah website. Oleh karena itu, SEO Specialist juga perlu memahami bagaimana memproduksi dan menulis konten yang berkualitas. Misalnya membuat artikel di blog atau membuat deskripsi untuk setiap page di website. Penyampaian pesan dalam konten tersebut harus sesuai dengan target audience yang dituju oleh website tersebut. 

SEO Specialist

Skill yang Dibutuhkan SEO Specialist 

Lowongan SEO Specialist banyak dicari berbagai perusahaan yang membutuhkan jasa digital marketing untuk mengoptimalkan website. Lalu, skill apa yang dibutuhkan profesi ini agar memenuhi syarat lowongan tersebut? Berikut deretan skill-nya:

  1. Berpengalaman dalam membuat strategi SEO seperti yang dipaparkan pada penjelasan di atas tentang tugas profesi ini. 
  2. Update dan menguasai penggunaan SEO Tools, seperti Ahrefs, Google Analytics, Google Search Console, Ubersuggest, dan lainnya.
  3. Skill lainnya yang juga penting adalah memahami tentang algoritma search engine serta istilah-istilah teknis untuk mengimplementasikan SEO pada website (tags, HTML, URL, meta descriptions, breadcrumbs, dan lain-lain).
  4. Memiliki pengalaman dalam membuat report atau laporan performa SEO juga penting. Hal ini diperlukan untuk melihat perkembangan dari praktis SEO yang sudah dijalankan. 
  5. Memiliki kemampuan analisis dan critical thinking yang baik. Kemampuan ini dibutuhkan ketika harus membuat strategi SEO dan hasil report yang dibutuhkan secara berkala. Begitu juga dibutuhkan ketika sedang menganalisa website kompetitor. 
  6. SEO Specialist juga diharapkan selalu update dengan perkembangan teknik dan praktis SEO. Diharapkan tidak hanya terpaku dengan aturan lama yang mungkin saja teknik tersebut tidak lagi berguna untuk meningkatkan performa website.
  7. Memahami atau familiar dengan penggunaan CMS (Content Management System), misalnya WordPress, Drupal, Jooma, atau Prestashop yang biasa digunakan untuk toko online atau e-commerce.
  8. Skill terakhir yang juga penting dimiliki SEO Specialist yaitu kemampuan menulis yang baik. Memiliki pengalaman menulis atau editing membantu memudahkan dalam memproduksi konten yang dioptimasi sesuai target keyword

Peran SEO Specialist untuk Digital Agency

Jenjang karir profesi SEO Specialist berguna pada perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing agency. Perusahaan ini biasanya membutuhkan seseorang yang memahami teknik SEO ketika mendapatkan klien yang membutuhkan performa website mereka lebih optimal. Tugas seorang SEO ini mengimplementasikan dari target marketing yang dimiliki klien tersebut. Target tersebut dapat meliputi target KPI untuk organic traffic atau target audience yang sesuai dengan persona brand klien. 

Jenjang karir seorang SEO Specialist ini juga beragam. Biasanya dimulai dari level Junior SEO, Executive SEO hingga SEO Manager atau Head of SEO. Tentu semua ini tergantung dari kebutuhan perusahaan digital agency dalam membentuk tim SEO atau saat mendapatkan permintaan klien untuk mengelola website. Nah, divisi tim SEO Specialist ini juga ada pada Bounche Digital Agency, yang bisa dibilang merupakan divisi baru sebagai upaya meningkatkan kualitas Bounche.

Begitulah penjelasan tentang profesi SEO Specialist sebagai karir yang cukup banyak dicari saat ini. Jika kamu memiliki latar belakang yang sesuai dengan profesi ini atau minat untuk mendalami karir ini, coba terapkan informasi di atas, ya. Semoga berguna! Bila Anda memerlukan jasa dari SEO agency, jangan lupa pilih Bounche ya!