Apa Itu Backlink di SEO? Pentingnya dan Cara Membangunnya

Backlink, yang biasanya digunakan oleh pemilik website untuk meningkatkan reputasi dan kredibilitas konten serta halaman web mereka, adalah link di dalam konten website yang mengarah ke halaman web atau website lain. Meskipun link ini mirip dengan hyperlink, perannya lebih besar dalam memaksimalkan SEO website daripada sekadar menautkan resource.

Dengan strategi backlink, website Anda dapat bertengger di halaman pertama hasil pencarian, memberikan peluang tinggi untuk menjadi yang pertama diklik, dan meningkatkan keuntungan. Manfaat backlink bagi para blogger dan entrepreneur sangat besar karena membantu meningkatkan ketenaran di antara audiens, memperoleh otoritas di niche tertentu, serta memopulerkan produk atau jasa di internet.

Artikel ini bertujuan membantu Anda memahami konsep backlink, menjelaskan jenis dan fungsi backlink, serta memberikan panduan mengenai cara mendapatkan backlink yang berkualitas. Tak hanya itu, kami juga akan membahas berbagai aspek terkait agar Anda dapat memanfaatkan potensi backlink secara optimal. Mari mulai memahami dunia backlink!

Apa Itu Backlink?

Backlink, juga dikenal sebagai “inbound link” atau “incoming link,” adalah link yang berasal dari suatu domain atau subdomain dan mengarah ke halaman web lain. Istilah tersebut secara harfiah berarti “link masuk,” dan biasanya ditempatkan dalam konten yang memberikan atau menerima rujukan ke website lain yang sejenis.

Mirip dengan tiang penopang, fungsi backlink adalah memperkuat posisi website atau konten yang dirujuknya, sehingga dapat mencapai peringkat yang tinggi dan stabil di SERP terkait dengan kata kunci tertentu.

Sebagai contoh, kita memiliki artikel tentang cara optimasi website. Untuk memperkuat posisi artikel ini di Google, diperlukan beberapa konten atau website lain yang meletakkan link ke artikel tersebut di dalam kontennya, seperti yang kita lakukan di paragraf ini.

Backlink kemudian dibagi menjadi dua kategori umum:

Internal Backlink

Internal backlink adalah link yang menghubungkan dua halaman web di satu domain yang sama. Fungsinya adalah memungkinkan pengunjung menemukan informasi lebih lanjut tentang suatu topik atau membaca konten lain yang relevan. Internal link bertujuan untuk meningkatkan durasi kunjungan pengunjung ke suatu domain dan meningkatkan jumlah kunjungan ke konten tertentu, sambil mengurangi bounce rate.

External Backlink

External backlink adalah link yang mengarah atau diterima dari domain lain. Link ini diperlukan ketika website tidak memiliki konten yang dapat dihubungkan untuk suatu topik, sehingga perlu menambahkan sumber daya dari website lain. Link eksternal tidak hanya memberikan informasi kepada pengunjung, tetapi juga membantu website lain yang dirujuk untuk membangun otoritas dan relevansinya di mesin pencari.

Tidak hanya itu, backlink jenis ini juga secara bertahap “mengalirkan” lebih banyak traffic ke domain eksternal yang dirujuknya.

Manfaat Backlink untuk Ranking Website di Google

Secara umum, fungsi dari backlink adalah mengevaluasi otoritas dan relevansi suatu domain terkait produk, layanan, dan topik tertentu. Hal ini tentu memberikan keuntungan signifikan bagi mereka yang mengelola website dengan tujuan menghasilkan pendapatan.

Apabila website Anda mendapatkan banyak backlink dari berbagai sumber, mesin pencari, seperti Google, akan memberikan prioritas lebih tinggi untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi. Google menganggap bahwa website atau konten yang mendapat banyak rujukan melalui backlink adalah sumber yang kredibel dan dapat dipercaya, sehingga cenderung muncul lebih cepat di halaman pertama SERP untuk kata kunci terkait.

Dengan peringkat yang tinggi, traffic organik dan page authority (nilai DA dan PA) dari website di internet akan ikut meningkat, yang pada gilirannya akan memperkuat reputasi website tersebut sebagai referensi yang sangat relevan untuk topik tertentu.

Tim periklanan atau pemasaran dapat memanfaatkan posisi ini dengan memulai kampanye penjualan produk atau berkolaborasi untuk menempatkan banner iklan bersponsor di website yang berhasil mencapai peringkat tinggi di SERP.

Penting untuk diingat bahwa baik backlink internal maupun eksternal memiliki peran krusial bagi website Anda. Selain itu, penting juga untuk memahami bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas, bukan hanya sejumlah besar.

Pengaruh Backlink terhadap SEO Website

Ketika mampu mencapai posisi pertama di Google, terbuka banyak peluang bisnis yang dapat diakses. Hampir semua pemilik website mengidamkan pencapaian ini.

Posisi tinggi di Google mencerminkan kualitas dan relevansi website atau konten Anda, mengindikasikan bahwa pengguna lain merujuknya di website mereka atau membagikannya melalui media sosial dengan menautkan backlink langsung ke domain Anda.

Ketika orang mencari topik tertentu di Google, website Anda dapat menjadi salah satu acuan utama berkat kesesuaiannya dengan topik yang dicari, bahkan dapat ditampilkan sebagai artikel rekomendasi.

Jika banyak orang berbagi dan merujuk konten Anda, itu menunjukkan bahwa konten Anda memberikan bantuan yang berarti. Inilah titik di mana peran backlink sangat signifikan dalam konteks SEO, menjadi salah satu faktor kunci dalam menentukan peringkat website.

Jumlah backlink yang diterima oleh website Anda dari domain lain menjadi indikator yang diperhatikan oleh mesin pencari sebagai bukti kredibilitas website. Semakin banyak domain lain yang menambahkan backlink ke website Anda, semakin cepat juga peringkatnya naik menuju puncak.

Jenis-Jenis Backlink

Selain dari kategori internal dan eksternal, backlink juga dibagi berdasarkan karakteristik khususnya. Penting untuk memahami setiap jenis ini agar Anda dapat menentukan fokus dan mendapatkan backlink dengan efektif.

Setiap pemilik website pasti menginginkan website mereka muncul di halaman pertama Google, dan berikut adalah beberapa contoh backlink yang saat ini umum digunakan:

Juice Link

Juice link merupakan jenis backlink paling dasar dan umum. Link ini dapat mengarahkan pengunjung dari website lain ke website atau blog Anda, membantu meningkatkan traffic. Tingginya traffic menandakan kualitas konten pada website Anda, disebut juga sebagai domain authority (DA) atau otoritas domain.

Mencapai posisi pertama di Google membuat website Anda menjadi rujukan utama dalam nichenya, bahkan oleh kompetitor. Halaman website lain dapat mengambilnya sebagai contoh.

Link No-Follow

Link No-Follow memberikan otoritas dan relevansi secara terbatas. Meskipun direferensikan oleh website lain, tag “nofollow” dalam skrip menghambat fungsi penuh link tersebut. Biasanya, website dengan otoritas tinggi menggunakan tag ini untuk backlink dari website kurang berkualitas, menghindari peningkatan otoritas dan penampilan di SERP.

Tag “nofollow” juga umum digunakan oleh website pemerintah dan institusi pendidikan, serta pada kolom komentar blog untuk menghindari spam.

Link Do-Follow

Link Do-Follow sebaiknya menjadi fokus dalam strategi mendapatkan backlink berkualitas. Keberadaan tag “follow” pada skrip halaman website akan ‘mengalirkan’ otoritas dan relevansi ke halaman yang dirujuk.

Jenis backlink ini digunakan oleh search engine untuk menilai otoritas suatu website. Semakin banyak link Do-Follow yang diterima, semakin tinggi posisi website tersebut seiring waktu. Perusahaan dalam industri serupa atau terkait sering menggunakan jenis backlink ini untuk saling memperkenalkan bisnis dan memperkuat otoritas di Google.

Link Root

Domain Link Root Domain merujuk pada jumlah backlink dari satu domain yang diterima oleh sebuah website. Ini berarti, meskipun sebanyak apapun backlink Do-Follow yang diterima oleh sebuah halaman, jika semuanya berasal dari satu domain, semuanya hanya dihitung sebagai satu backlink.

Mengumpulkan banyak backlink ke satu website tanpa variasi dari berbagai domain yang memiliki reputasi atau Domain Rating tinggi tidak memberikan manfaat yang signifikan. Oleh karena itu, diperlukan backlink unik dari berbagai website untuk membangun otoritas dan relevansi di mesin pencari.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas (Link Building)

Setelah memahami pengertian backlink, jenis-jenisnya, dan pengaruhnya terhadap SEO website, kini saatnya untuk mempelajari cara mendapatkan backlink berkualitas, yang dikenal sebagai link building.

Jika Anda belum familiar dengan istilah Link Building, jangan khawatir, kami akan menjelaskannya dan memberikan panduan tentang cara mendapatkan backlink ke website Anda. Mari lanjutkan pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Link Building?

Link Building adalah teknik untuk mendapatkan backlink yang mengarah ke website Anda dari situs web lain. Tujuannya adalah memperkuat relevansi dan otoritas website Anda di mesin pencari.

Backlink yang diterima dari website lain berfungsi sebagai dukungan kepercayaan. Oleh karena itu, mendapatkan kepercayaan dari berbagai website seharusnya menjadi fokus utama saat mengumpulkan backlink.

Ingatlah bahwa sebuah website tanpa backlink yang mengarah padanya hampir tidak mungkin mencapai peringkat teratas. Selain itu, website tersebut akan mengalami kesulitan mendapatkan exposure, traffic organik, atau bahkan dianggap tidak relevan.

Pertanyaannya, bagaimana cara mendapatkan backlink dari website lain? Apa langkah yang harus diambil agar website lain bersedia menyertakan link website Anda?

Jawabannya akan kami bahas di bagian berikut, dilengkapi dengan tips berguna yang dapat Anda terapkan.

Buat Konten yang Menarik

Langkah pertama dalam cara mendapatkan backlink berkualitas adalah dengan membuat konten yang menarik. Amati website yang menduduki posisi pertama di hasil pencarian Google. Kontennya biasanya lengkap, padat, menarik, dan jelas.

Gunakan hal ini sebagai inspirasi untuk membuat konten di blog Anda sendiri. Dengan demikian, pengunjung dapat merujuk konten Anda untuk topik tertentu. Seiring waktu, semakin banyak orang yang tertarik dan merekomendasikannya kepada pembaca lain.

Lalu, lakukan interaksi dengan pembaca melalui elemen-elemen interaktif seperti menanyakan pendapat mereka, mendengar kritik, atau saran. Hindari meniru konten dari website lain secara persis, gunakan mereka sebagai referensi ide, dan kembangkan konten Anda dengan gaya tulisan sendiri.

Tulis Guest Post untuk Website Lain

Guest post, atau yang dikenal sebagai posting tamu di blog lain, merupakan cara efisien untuk mendapatkan backlink ke website Anda secara alami. Dengan mempublikasikan konten di website lain sesuai dengan keahlian Anda, bukan hanya otoritas di bidang tersebut yang meningkat, tetapi juga jangkauan audiens yang sebelumnya belum mengenal website Anda.

Guest post umumnya dilakukan oleh dua perusahaan yang saling bekerja sama dan memiliki kesamaan bisnis. Keduanya bertukar konten berkualitas untuk memberikan informasi dan edukasi kepada pembaca menggunakan keahlian masing-masing.

Pasang Iklan di Blog Lain

Anda dapat membuat iklan untuk berkontribusi pada website lain dan mendapatkan backlink. Iklan bersifat komersial dan menampilkan produk atau fitur menarik, berbeda dengan guest post yang lebih informatif dan edukatif. Pastikan memiliki anggaran untuk strategi link building ini, karena iklan biasanya berbayar.

Berikan Komentar di Berbagai Blog dan Forum

Memberikan komentar di blog dan forum adalah cara mudah dan cepat untuk mendapatkan backlink. Cari blog dan forum yang menyediakan kolom komentar, dan beri komentar yang relevan dengan kontennya. Pastikan komentar Anda tidak dianggap sebagai spam dan selalu relevan dengan topik yang dibahas.

Aktiflah di Media Sosial

Media sosial merupakan alat efektif untuk membangun persona dan otoritas di internet. Buat halaman atau komunitas untuk blog atau merek Anda, dan aktif berinteraksi dengan pengunjung dan pelanggan. Media sosial dapat membantu menyebarkan link website Anda secara alami, meskipun sebagian besar memiliki label “no-follow” saat dipublikasikan. Gunakan media sosial untuk memperluas jangkauan, menarik pengunjung, dan pada akhirnya, memperoleh otoritas yang lebih tinggi.

Tool Terbaik untuk Mendapatkan Backlink

Dalam bagian ini, beberapa tool akan dibahas untuk mengotomatisasi proses link building yang kompleks dan membantu Anda memperoleh tautan kembali berkualitas.

Dengan menggunakan tool ini, Anda dapat mengakses informasi dan data lengkap untuk mengidentifikasi elemen-elemen yang akan meningkatkan kesuksesan perjalanan online Anda.

Ahrefs

Ahrefs merupakan salah satu tool dengan fitur terlengkap untuk link building. Tool ini menyediakan informasi penting mengenai profil link suatu website, membuka peluang untuk mendapatkan backlink berkualitas.

Dengan Ahrefs, Anda dapat mengetahui jumlah domain unik yang mengarah ke website Anda, tautan kembali yang diperoleh dan hilang seiring waktu, serta estimasi traffic organik yang diterima oleh website per bulan.

Cukup masukkan domain Anda ke kolom pencarian, dan Ahrefs akan memantau serta menyajikan berbagai metrik terkait link yang dimiliki oleh website pada saat itu.

Di dalam Ahrefs, terdapat metrik UR (URL Rating) dan DR (Domain Rating). UR mencerminkan potensi sebuah URL untuk mendapatkan peringkat tinggi, sementara DR menunjukkan seberapa kuat profil backlink dari suatu domain secara keseluruhan. Kedua metrik ini diukur dalam rentang 0-100, dengan nilai yang lebih tinggi menandakan peringkat dan otoritas yang lebih baik di Google Search.

Anda juga dapat mencari domain berkualitas tinggi di internet, yang dapat diajak untuk kerja sama dalam mendapatkan backlink. Domain dengan nilai tinggi ini akan secara bertahap meningkatkan peringkat website Anda di hasil pencarian.

Google Alerts

Google Alerts dapat membantu Anda mendapatkan tautan kembali untuk blog atau website bisnis Anda. Tool ini mendeteksi konten, kata, dan istilah tertentu yang diinput oleh pengguna di internet, memberikan notifikasi saat ada topik yang relevan dengan bisnis Anda.

Contohnya, jika ada website yang menyebut nama blog atau brand Anda di kontennya, ini bisa menjadi peluang untuk menghubungi pemilik website tersebut dan meminta penambahan link ke halaman web Anda, sehingga mendapatkan tautan kembali.

Penting untuk meneliti konteks dan reputasi domain yang disebutkan sebelum mengambil tindakan. Mengetahui traffic dan kualitas konten dapat membantu Anda memahami peluang untuk mendapatkan backlink.

Pitchbox

Pitchbox bukanlah tool untuk riset profil tautan kembali suatu website atau analisis otoritas, relevansi, dan traffic organik. Namun, Pitchbox dapat membantu merencanakan dan mengirimkan email secara otomatis, memfasilitasi kontak dan negosiasi dengan beberapa website sekaligus.

Dengan Pitchbox, Anda dapat menjalin relasi dengan berbagai website dan mengidentifikasi pihak yang tertarik untuk berkolaborasi dengan Anda. Anda dapat memulai kerja sama dengan menukar guest post atau menerima iklan yang mempromosikan produk atau bisnis Anda.

Pitchbox memungkinkan Anda menambahkan daftar kontak kustom atau mencari kontak dengan menggunakan kata kunci bisnis yang ingin dijadikan mitra. Fitur menarik lainnya adalah kemampuan Pitchbox untuk memantau secara real-time website mana yang setuju untuk berkolaborasi, memberikan Anda pemahaman bahwa upaya yang Anda lakukan tidak sia-sia.

Dengan menggunakan tool ini, Anda dapat menghubungi kembali website yang memiliki tautan kembali yang tidak merujuk ke blog Anda, dan meminta mereka untuk memperbaiki link dengan cara yang profesional dan sopan.

Semoga artikel ini membantu Anda memahami konsep tautan kembali dan cara memperolehnya untuk meningkatkan peringkat website Anda. Bila Anda memerlukan jasa dari SEO agency, jangan lupa pilih Bounche ya!

Related Posts