Local SEO, Kenali Alasan & Cara Menerapkannya untuk Bisnis

Ada salah satu elemen penting dalam bisnis masa kini, yang mana terkait dengan dunia digital,  yaitu Local SEO (Search Engine Optimization). Metode ini merupakan cara untuk menampilkan bisnis dalam pencarian lokal pada mesin pencari lebih mudah terlihat. Seperti ketika kamu sedang mencari cafe terdekat di kota tempat kamu menetap saat itu. Inilah mengapa dibutuhkannya Local SEO sebagai metode strategi bisnis.

Jadi sebenarnya metode untuk pencarian lokal ini adalah bagian dari strategi SEO yang sudah Bounche bahas pada artikel sebelumnya, yaitu menargetkan pelanggan di wilayah, kota atau daerah tertentu. Local SEO memberikan visibilitas kamu (berdasarkan tempat kamu saat itu) dari hasil pencarian lokal melalui Google’s Map Pack/Local Pack. 

Apa itu pengertian Local SEO, alasan kenapa harus melakukan metode ini hingga cara mengoptimalkannya dibahas pada penjelasan di bawah ini.

Pengertian Local SEO

Menurut ahrefs.com, pengertian Local SEO adalah strategi meningkatkan keberadaan online kamu untuk mendapatkan lebih banyak bisnis dari pencarian lokal. Pencarian ini terjadi pada mesin pencari, namun Local SEO lebih berfokus pada optimasi untuk pengguna Google. Karena faktanya 83% pengguna internet menggunakan Google Search untuk mencari bisnis terdekat dan 55% menggunakan Google Maps, sisanya menggunakan Apple Maps, Yahoo dan Bing.

Sederhananya, Local SEO adalah strategi optimasi mesin pencari untuk hasil pencarian lokal. Strategi ini membantu mencantumkan bisnis tersebut pada Local Pack/Map Pack Rank dan akan lebih sering muncul sebagai respons atas search volume pencarian dengan pertanyaan-pertanyaan relevan terhadap bisnis tersebut.

Strategi Local SEO ini sangat membantu calon pembeli ketika sedang mencari produk/jasa di kota tempat ia menetap saat itu. Mulai dari informasi produk yang dicari, alamat hinggai informasi jam operasional dari tempat tersebut. Lalu, siapa saja yang membutuhkan implementasi Local SEO ini? Sebut saja pelaku usaha toko retail, restoran, cafe, hotel, rumah sakit, bank, salon, atau travel agent.

Alasan Kenapa Harus Melakukan Local SEO

Ada beberapa alasan kenapa Local SEO perlu dilakukan untuk para pelaku bisnis. Menurut survei yang dipublikasikan Think With Google telah mendapatkan beberapa fakta yaitu terdapat 78% pengguna yang melakukan pencarian di sekitar mereka dengan smartphone mengunjungi tujuan pencarian mereka dalam sehari dan 28% diantara pengguna tersebut melakukan pembelian.

Oleh karena itu, mengoptimalkan pencarian lokal begitu penting, terutama bagi pemilik bisnis yang melayani servis di area perkotaan atau wilayah tertentu. Jika pengaplikasian ini dilakukan dengan tepat, maka Local SEO membantu para pencari untuk menemukan informasi bisnis secara cepat dan tepat, yang berarti selangkah lebih dekat menuju transaksi bisnis tersebut. 

Cara Mengoptimalkan Local SEO untuk Bisnis

Langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mengoptimasi Local SEO untuk bisnis? Jika kamu sedang merencanakan bisnis agar exist di mesin pencari Google, simak poin-poin di bawah ini. 

Membuat Profil Google My Business

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuat profil Google My Business atau Google Bisnisku. Pengertian dari Google My Business adalah tools dari Google yang dapat digunakan pelaku bisnis atau organisasi tertentu untuk mengelola bisnis mereka  agar muncul di internet. Sehingga konsumen dapat mudah menemukan lokasi bisnis tersebut ketika melakukan pencarian di mesin pencari Google dan Google Maps.

Nah, kamu harus mendaftarkan dan melakukan verifikasi untuk Google My Business. Bagaimana cara verifikasi profil Google Bisnisku ini? Kamu dapat mengisi profil berupa informasi-informasi wajib dengan lengkap, seperti lokasi, nomor telepon, jam operasional, dan foto mengenai bisnis kamu. Namun jika ada yang ingin diperbaiki atau memperbarui alamat lokasi bisnis,  bisa dengan cara menghapus informasi tersebut pada profil Google Bisnisku. Jadi, pemilik bisnis tidak perlu harus membuat profil baru.

Membuat Riset Keyword

Cara selanjutnya adalah jangan lupa melakukan riset keywords. Ini harus dilakukan jika ingin informasi bisnis tampil dalam pencarian Google, karena riset ini merupakan proses yang dilakukan konsumen menggunakan kata kunci yang paling related dengan bisnis tersebut.  Seperti nama bisnis di Google Maps yang mengandung unsur keywords yang punya hasil jumlah searched volume tinggi. Pencarian ini bisa menggunakan berbagai SEO tools, seperti Google Trends, Ubersuggest, Semrush atau Ahrefs.

Optimasi On-Page SEO

Cara mengoptimalkan Local SEO selanjutnya adalah strategi On-Page SEO, yaitu bekerja untuk memudahkan mesin pencari dalam memahami konten yang kamu optimasi tentang bisnis kamu. Bisa optimasi pada judul, descriptions, tags, URL, image, internal dan eksternal link dalam konten. 

Strategi ini penting untuk proses optimasi pada profil Google My Business agar ranking di halaman Google. Pastikan juga bahwa informasi yang diberikan menggunakan kalimat yang memang relevan dengan bisnis tersebut, didukung keywords yang sudah ditargetkan. 

Membuat Link 

Selanjutnya adalah membuat link, bisa dari website lain yang terkait industri bisnis yang serupa ke website bisnis kamu. Seperti link dari website partner bisnis, yaitu distributor. Namun jangan asal memilih link, ada beberapa syarat atau karakter link yang berkualitas, yaitu halaman dengan authority tinggi, website relevan dengan bisnis, atau link dengan keywords yang relevan seputar bisnis tersebut.

Menambah NAP Citations

Kemudian ada lagi optimasi dengan NAP Citations, yaitu kutipan mengenai suatu bisnis berupa nama, alamat dan no kontak. Informasi ini juga bisa dibagikan oleh pemilik bisnis di suatu website atau media sosial. Kamu mungkin sering melihat informasi singkat seperti ini ketika sedang mencari nama cafe atau perusahaan tertentu di halaman pencarian Google. Jika NAP Citations suatu bisnis semakin sering muncul, maka bisa dikatakan bahwa mesin pencari Google sudah menganggap bahwa profil Google My Business miliknya populer. Otomatis bisnis tersebut lebih mudah dilihat oleh orang-orang yang mencari di halaman pencarian. 

Memantau & Menanggapi Review Konsumen

Pentingnya mengoptimalkan Local SEO selanjutnya bisa dilakukan dengan memantau dan menanggapi review dari berbagai konsumen. Perlu kamu ketahui, menurut brightlocal.com bahwa 77% konsumen selalu atau secara rutin membaca online review ketika sedang mencari local business di area sekitarnya dan 98% konsumen kadang membaca online review tersebut. Jadi dapat dipastikan bahwa ulasan dari konsumen sangat berharga untuk bisnis dan menjadi tolak ukur dalam strategi optimasi Local SEO. Misalnya jika sedang mencari cafe lalu melihat beberapa review yang diberikan konsumen dengan memberikan rating bintang pasti akan menjadi pertimbangan kamu untuk memilih tempat tersebut, bukan?

Tidak hanya memantau, menanggapi review konsumen juga perlu dilakukan pelaku bisnis agar rating bisnis pada Google My Business tetap dalam penilaian yang bagus. Apa saja sekiranya tipe bisnis yang membutuhkan review konsumen sebagai bagian sangat penting? Bisa berupa bisnis jasa dan dagang, care service atau jasa pelayanan kesehatan.

***

Itulah paparan mengenai penjelasan pentingnya Local SEO buat pebisnis agar memudahkan konsumen mencari lokasi, informasi serta melihat review bisnis di Google. Penerapan ini bisa dilakukan oleh orang yang spesialis di bidang SEO, seperti divisi SEO Specialist yang ada pada Bounche Digital Agency. Bisa saja hal ini dilakukan bukan orang yang ahli SEO, namun tentu jika semakin paham dengan strategi SEO, maka semakin mudah melakukannya.