Apa Itu CRM: Pengertian dan Keuntungannya Bagi Perusahaan

Dalam menjalin bisnis tentu saja menjalin hubungan baik dengan customer adalah sebuah keharusan. Maka dari itu penting sekali dalam setiap perusahaan untuk memiliki CRM. Sebab, tujuan dari adanya CRM secara umum adalah untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan customer

Dengan adanya CRM, maka bisnis bisa semakin berkembang karena CRM akan membantu perusahaan menghasilkan customer loyalty yang berkesempatan besar untuk melakukan repeat order. Semakin banyaknya customer yang setia, akan semakin banyak pula keuntungan yang dihasilkan. Lalu, apa itu CRM? Apakah penting untuk diterapkan dalam semua jenis bisnis?

Apa Itu CRM?

CRM adalah singkatan dari customer relationship management yang merupakan sebuah strategi atau cara yang digunakan oleh perusahaan untuk membantu menjalin hubungan yang baik dengan para customer. Dengan terjalinnya hubungan yang baik dan kuat dengan para customer, maka semakin tingi pula keuntungan dalam penjualan.

Cara pengelolaannya pun bisa berbagai macam, namun tujuannya tetap sama yakni mendekatkan komunikasi antara perusahaan dengan customer. Jika ini dilakukan secara terus menerus, maka dampaknya akan sangat terasa oleh pihak brand. Customer bisa tetap loyal dan tidak mudah pindah ke kompetitor. Jika ada tawaran produk terbaru, kemungkinan besar customer tidak segan untuk bertransaksi. 

Sama halnya seperti divisi CRM yang ada dalam Bounche digital agency, yang saat ini telah menjadi sister company bernama XYLO. Mereka menawarkan sebuah solusi berupa leads generation campaign, community management, dan helpdesk and customer care. Semua solusi tersebut tentunya bertujuan untuk menganalisis kebutuhan dan keinginan customer dari masing-masing brand yang di-handle oleh Bounche digital agency. 

CRM 2

Keuntungan Adanya Customer Relationship Management (CRM)

Customer relationship management mengelola proses, kebijakan, dan strategi menjadi satu kesatuan. Selain digunakan untuk berinteraksi, dengan adanya CRM maka perusahaan juga mampu menggali informasi dari customer. Dari data yang dihasilkan tersebut, perusahaan akan tahu bagaimana cara pendekatan ke setiap customer dengan pendekatan yang menyesuaikan dengan kepribadian mereka.

Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan melalui CRM dilansir dari Forbes, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bahan Pembelajaran

CRM membuat para pebisnis belajar mengenal para customer-nya, termasuk siapa mereka dan alasan mereka membeli atau menggunakan jasa atau produknya. Dengan adanya data yang menunjukkan riwayat pembelian setiap customer, pebisnis akan belajar bagaimana mereka memenuhi kebutuhan untuk para customer-nya.

Dari penggunaan CRM secara efektif, pebisnis akan tahu apa yang harus mereka tawarkan kepada pasarnya. Hal itu membuat mereka tak perlu lagi meraba-raba yang diinginkan oleh para pembeli. Dengan begini, keuntungan yang diharapkan akan lebih cepat bertambah.

2. Pengarsipan

Tools yang digunakan oleh CRM biasanya memiliki fungsi dalam menyimpan serta mengarsipkan data dari semua customer. Data ini termasuk riwayat pembelian, analisis bahkan campaign yang dijalankan. Dengan pengarsipan yang lengkap, hasil dari semua itu akan lebih mudah dipahami karena mengubah data menjadi lebih sederhana.

3. Optimasi

Data yang dihasilkan oleh software CRM membuat pebisnis mengetahui pendekatan apa yang tepat bagi para customer-nya. Data tersebut akan membuat pebisnis mengoptimalkan berbagai cara untuk menyesuaikan tiap karakter customer-nya.

Itulah penjelasan seputar CRM serta kegunaannya bagi sebuah perusahaan. Apapun bisnisnya, baik skala besar maupun skala kecil, tentu saja bisa memperoleh keuntungan jika menggunakan strategi ini. Sebab, seperti yang telah dijabarkan sebelumnya bahwa customer relationship management dapat membantu mengembangkan bisnis sebuah perusahaan dengan berbagai strategi. Mulai dari menggunakan informasi yang didapat dari customer untuk meningkatkan dan mengembangkan proses penjualan, follow up interaksi antara customer dan seller, hingga memantau kampanye digital jika perusahaan bergerak di bidang digital. Semua itu dapat menciptakan pengalaman customer yang lebih lancar dan lebih konsisten.