Media Planning: Pengertian, Komponen, dan Faktor

Pada era digital seperti saat ini, media planning memiliki peran yang penting untuk membentuk brand awareness suatu perusahaan. Dengan adanya media planning, maka dapat membantu digital marketing sebuah perusahaan bisa berjalan dengan baik dan terencana. Banyak manfaat yang bisa didapat dari adanya perencanaan media, yakni salah satunya bisa mencapai keuntungan yang signifikan dalam jangka panjang. 

Untuk mengenal lebih dalam tentang media planning, berikut ini akan dijabarkan apa itu media planning, komponen, dan faktor yang mempengaruhinya. 

Apa itu media planning?

Media planning adalah proses pemilihan dan penyusunan terhadap strategi pemasaran dalam melakukan evaluasi pada proses promosi yang sedang dilakukan. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah proses promosi tersebut sudah efektif atau belum. 

Perencanaan media harus menentukan waktu, tempat, intensitas dalam beriklan, dan menyesuaikan pesan yang hendak disampaikan kepada  setiap audiens. Hal tersebut dilakukan agar dapat mencapai branding yang optimal

Komponen media planning

Untuk mencapai komponen yang baik dan sesuai target, maka memerlukan komponen perencanaan media yang sesuai. Hal ini dilakukan agar perencanaan media tidak salah memberikan jangkauan pesan dan kepada siapa pesan tersebut harus diberikan. Berikut beberapa komponen wajib yang perlu dipertimbangkan untuk melakukan media planning:

  1. Audiens, perusahaan harus menyasar target audiens yang tepat dengan memberikan isi pesan secara relevan dan juga bermanfaat.
  2. Biaya marketing, biaya yang dibutuhkan harus dieksekusi terlebih dahulu sebelum kampanye dengan berbagai media agar anggaran yang dikeluarkan sesuai dengan evaluasi sebelumnya.
  3. Conversion goals, setiap planning pasti memiliki goals agar bisa mencapai keberhasilan maka harus ditetapkan bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut.
  4. Frekuensi pesan, penentuan dalam menganalisis seberapa sering iklan tersebut harus disebarkan target audiens. 
  5. Jangkauan pesan, seberapa luas pesan atau iklan harus disebarkan.

Faktor yang mempengaruhi media planning

Dalam media planning, untuk mencapai tujuan sesuai target pasti memiliki faktor yang perlu diteliti agar hal tersebut mendapatkan kualitas terbaik. Berikut ini terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi penerapan dari perencanaan media di antaranya yaitu:

1. Audiens

Audiens menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas dalam media planning. Peran tersebut sangat penting  untuk ke depannya dalam mencapai tujuan. Bahkan mengetahui dengan jelas tentang siapa target audiens yang ingin dicapai. Misalnya, audiens yang mengarah pada remaja maka media harus paling efektif dalam mengelola media sosial atau TV kabel. 

Terutama sebagai media planning karena harus memikirkan bagaimana cara menyampaikan pesan lewat media yang bisa diterima dengan baik dan bermanfaat bagi audiens itu sendiri. Apabila pesan diterima dengan baik maka audiens akan menjadi pelanggan setia dalam suatu brand.

2. Tujuan perencanaan media

Tujuan ini dibuat dengan upaya mengetahui secara jelas kemana arah yang akan dilakukan untuk bisa mewujudkannya. Seperti halnya ditujukan untuk kesadaran merek, meningkatkan penjualan, dan memperkenalkan produk baru. 

Melihat dari beberapa tujuan tersebut nantinya dapat menjadi pengaruh media yang dipilih, maka harus menetapkan tujuan yang sesuai dan ter perencana. Tujuan dari strategi perencanaan ini bisa meningkatkan brand awareness, mengundang pengguna agar memberikan informasi seputar brand, dan meningkatkan partisipasi.

3. Reach

Pada dasarnya tidak semua orang mengkonsumsi konten dari media pilihan kita dan dapat memahami secara cepat. Media planning  perlu memikirkan seberapa sering media tersebut harus disebarkan. Luas jangkauan dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak orang melihat maupun mendengar konten secara  antusias.

4. Lingkungan media

Iklan pada media memiliki opini publik dari media tersendiri yang dapat mempengaruhi keputusan terhadap perencanaan media. Terlihat banyaknya iklan yang kini bersaing, seperti halnya di berbagai majalah dan dapat memungkinkan iklan perusahaan tidak dapat terlihat dengan baik. Hal itu terjadi karena majalah menjadi lebih unggul apabila perencanaan media tidak memiliki strategi yang unggul.

5. Eksekusi dan evaluasi

ketika perencanaan telah dilakukan dengan baik maka tahap selanjutnya mengeksekusi rencana. Dalam hal ini, pastikan untuk setiap orang yang berkepentingan terlibat tanpa terkecuali agar tanggung jawab masing-masing dapat ditangani dengan baik. Serta mengevaluasi tingkat keberhasilan yang telah dibuat untuk mengetahui sejauh mana tujuan yang diterapkan di langkah awal.

Itulah penjelasan mengenai pengertian planning, komponen, hingga faktor yang mempengaruhinya. Setelah melihat penjelasan di atas, maka penting sekali bagi Anda untuk memperhatikan bagaimana cara mengolah media planning dengan baik agar strategi pemasaran yang dibuat dapat sesuai dengan tujuan ke depannya.