Video Content Rebut Atensi Netizen

Kemajuan dunia digital menjadi salah satu faktor yang mengubah behavior netizen. Jika dulu TV adalah salah satu tempat mencari hiburan dalam bentuk visual, kini YouTube, Facebook hingga Instagram telah menggeser posisi penting tersebut. Tak sedikit pula orang yang melakukan streaming video melalui layar kaca, khususnya video-video YouTube. Dari data yang dilansir oleh ThinkWithGoogle, jumlah pengguna yang melakukan hal ini meningkat hingga dua kali lipat dari tahun ke tahun.

Dari data tersebut ditunjukkan pula bahwa pengguna YouTube yang melakukan streaming video di TV memiliki behavior yang hampir sama dengan pengguna TV konvensional, yaitu melakukan streaming video pada prime time. Kebiasaan menghidupkan layar televisi masih banyak dilakukan para netizen, namun aktivitas mereka lebih terfokus pada smartphone yang ada dalam genggaman. Hal ini nantinya akan menjadi celah tersendiri bagi para pelaku bisnis yang akan memanfaatkan media sosial tersebut sebagai promosi mereka.

Berikut ini adalah data-data terkini mengenai behavior netizen yang mengonsumsi konten video di internet.

Empat Detik Pertama Adalah Kunci

Video Content Arin

Berdasarkan data yang dirilis oleh postplanner.com, rata-rata pengguna Facebook akan mengambil tindakan setelah menonton empat detik pertama dari sebuah video. Melanjutkan menonton atau berhenti menonton video tersebut diputuskan setelah empat detik pertama. Oleh karena itu, jadikan empat detik pertama ini benar-benar menarik perhatian penonton. Buat penonton bertanya-tanya tentang kelanjutan video tersebut. Pastikan juga video yang di-post tidak terlalu panjang, agar para penonton mau menonton hingga selesai.

Prime Time Bukan Hanya Milik TV

Video Content Prime Time

Jika dulu prime time banyak dihabiskan orang-orang dengan berada di depan layar kaca, kini era telah berganti. Prime time tak hanya melulu dihabiskan di depan layar kaca, melainkan di depan layar gadget. Jam 7 hingga 10 malam tetap menjadi prime time di mana banyak orang menggunakan gadget untuk melakukan streaming video di YouTube ataupun sekadar online di Facebook dan Instagram. Tak hanya itu, penggunaan gadget pun semakin meningkat pada hari Sabtu dan Minggu, terlebih saat prime time di hari-hari tersebut.

Interaksi User Terhadap Konten Video

Video Content User Interaction

Menurut data yang dilansir oleh Hubspot, sepertiga aktivitas online dari seorang pengguna internet digunakan untuk streaming video. Fakta mengejutkan mengenai iklan video pun terungkap, 75% pengguna internet menyaksikan iklan video di berbagai platform dan 36% di antara penonton tersebut percaya pada apa yang disampaikan oleh iklan tersebut. Tak hanya itu, iklan video yang menarik akan meningkatkan niat beli pengguna hingga 97% dan meningkatkan brand association hingga 139%!

Dari data yang ada di atas, terlihat jelas bahwa pola interaksi pengguna pada konten video semakin meningkat. Kini, streaming video di YouTube, Facebook maupun platform lain sudah menjadi kebutuhan tersendiri bagi banyak orang. Dari dalam negeri, banyak brand besar seperti Aqua, Bukalapak hingga Axis yang berhasil merilis iklan dengan engagement yang tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingginya jumlah view yang dimiliki oleh video iklan tersebut di YouTube. Jadi, apakah strategi video branding Anda sudah tersusun dengan baik? Hubungi kami di sini!

Related Posts