Menjadi Generasi Digital Marketing

Menjadi Generasi Digital

Creative Digital Marketing Agency Bounche Indonesia – Dunia ‘bergeser’ dengan sangat cepat. Dari konvensional ke digital. Well, digital age is here!

Kemajuan pesat dalam teknologi digital dan ditopang oleh tingginya penetrasi internet tanpa disadari telah mengubah cara seseorang dalam berbisnis, berbelanja, bekerja hingga dalam hidup.

Diprediksi tahun 2020 akan ada lebih dari tujuh miliar pebisnis dan setidaknya 30 miliar smartphone akan terhubung dengan internet. Baik dalam hal yang berkaitan dengan komunikasi, transaksi, bahkan bernegosiasi satu sama lain.

Saat ini strategi digital marketing menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam bisnis. Perusahaan yang belum pernah mengimplementasikan strategi digital marketing, mau tak mau harus beradaptasi dengan cepat. Lembaga riset Gartner mengingatkan ketidakmampuan perusahaan terjun ke dunia digital menyebabkan penurunan 25 persen terhadap persaingan kompetitif di tahun 2017.

Digital business bukan hanya mengenai teknologi. Yang terpenting adalah bagaimana teknologi tersebut memberikan dampak pada kehidupan nyata karena mampu mempengaruhi perilaku dan sikap konsumen dalam aspek kegiatannya. Sebab, kehadiran perusahaan secara digital menghubungkan merek dengan konsumen setiap hari.

“Bisnis harus menempatkan teknologi dan digital marketing pada jantungnya agar perusahaan mampu menghasilkan pendapatan, berbagai value dan merebut keuntungan yang kompetitif,” ungkap Jeffrey Man dari Gartner, yang dikutip dari cbn.co.za.

Faktanya, metode komunikasi digital dan digital marketing jauh lebih cepat, fleksibel, praktis dan efisien. Email marketing atau melakukan campaign di sosial media misalnya, dapat mengirimkan pesan marketing kepada konsumen dengan biaya lebih rendah dibandingkan biaya campaign di TV atau media cetak. Selain itu, manfaat utama dalam mengimplementasikan digital marketing dalam bisnis adalah karena berbagai strategi atau campaign yang Anda jalankan akan lebih tertarget (Anda dapat membidik target audince yang sesuai dengan bisnis Anda) dan keberhasilannya pun dapat terukur secara real time.

Digital marketing memiliki tools untuk melacak atau memonitor keberhasilan campaign, seperti Google Analytics. Melalui digital marketing, perusahaan juga dapat melihat respons konsumen dengan cepat, kemudian membangun interaksi atau engagement. Cara ini memungkinkan bagi perusahaan untuk merumuskan berbagai strategi baru atau merencanakan langkah selanjutnya yang lebih efektif.

Well, digital age is here!

Related Posts

Leave a comment