Desainer Grafis: Apa Tugasnya dan Keahlian yang Dibutuhkan

Setelah sebelumnya sudah sempat membahas tentang profesi content writer dan copywriter, kali ini yang akan dibahas adalah tugas seorang desainer grafis. Dalam pembuatan konten, tentunya klien atau perusahaan tidak hanya membutuhkan sebuah copy atau tulisan saja, melainkan juga membutuhkan visualnya berupa gambar pendukung atau infografik. 

Bagi kamu yang menyukai seni, pekerjaan desainer grafis ini mungkin cocok digeluti. Apalagi jika kamu memiliki kemampuan dalam bidang menggambar, ilustrasi, serta animasi atau motion graphics. Di era serba digital seperti sekarang ini, banyak perusahaan dan agensi yang berlomba-lomba menampilkan karya visual untuk menarik perhatian. 

Makanya, seorang desainer grafis begitu penting dalam memenuhi kebutuhan konten, sama halnya seperti content writer dan copywriter. Buat kamu yang ingin mengenal lebih dalam apa apa saja tugas desainer grafis dan keahlian yang dibutuhkan. Berikut ini penjabaran mengenai pekerjaan desainer grafis. Yuk, simak!

Apa itu desainer grafis?

Graphic designer atau desainer grafis merupakan seseorang yang merancang atau menciptakan sebuah ilustrasi, tipografi, fotografi, hingga animasi untuk keperluan visual sebuah perusahaan. Seorang desainer grafis dituntut untuk mampu menciptakan konsep visual secara manual atau dengan menggunakan software komputer. Mereka menginformasikan ide-ide atau inspirasi mereka lewat seni visual berupa gambar dan infografik.

Dalam segi jenjang karier, desainer grafis bisa bekerja di mana saja. Sebab, kebutuhan visual tidak akan ada habisnya dan tentu saja perusahaan-perusahaan akan terus membutuhkan jasa seorang desain grafis untuk memenuhi keperluan konten. Mulai dari perusahaan media, industri telekomunikasi, periklanan, fotografi, pendidikan, konstruksi, teknologi informasi, hingga BUMN dan lembaga pemerintahan.

Tugas dan tanggung jawab desainer grafis

Desainer grafis bertugas dan bertanggung jawab dalam menciptakan konsep visual secara manual atau dengan software komputer. Selain itu mereka juga harus membuat konsep dari informasi dan material yang berkaitan dengan desain yang akan dikerjakan. Berikut ini akan dijabarkan mengenai tugas dan tanggung jawab seorang desainer grafis:

  1. Berdiskusi dan melakukan brainstorming dengan klien atau art director untuk menggali informasi tambahan tentang konsep desain yang akan dibuat.
  2. Bekerja sama dengan tim, misalnya saja dengan content writer atau copywriter untuk memikirkan sebuah desain yang dibutuhkan untuk copy atau tulisan yang telah dibuat.
  3. Mengilustrasikan konsep dalam bentuk draft dan membuat desain yang komunikatif dan mudah dipahami.
  4. Membuat infografik untuk menyampaikan pesan dengan cara yang unik dan kreatif.
  5. Mengaplikasikan elemen desain, layout, dan proses teknis sesuai dengan kebutuhan dan hasil akhir yang diinginkan.
  6. Mengikuti perkembangan gaya dan inovasi desain.
  7. Menyelesaikan proyek dan mengkoordinasikannya pihak terkait.

Itulah beberapa tanggung jawab desainer grafis dalam sebuah perusahaan, sebenarnya mungkin masih ada beberapa tugas yang biasa dikerjakan oleh seorang desainer grafis. Namun, secara garis besar tugas utama yang dijalankan serupa seperti yang dijabarkan dalan poin-poin di atas. Setelah ini akan dibahas mengenai keahlian apa saja yang dibutuhkan oleh seorang desainer grafis. 

Keahlian yang dibutuhkan seorang desainer grafis

Untuk menjadi seorang desainer grafis yang andal dan profesional, tentu saja membutuhkan sebuah keahlian yang perlu dipelajari dan digeluti. Berikut ini beberapa keahlian yang wajib dibutuhkan untuk bisa menjadi seorang desainer grafis.

1. Kemampuan Berpikir Kreatif

Berpikir kreatif adalah unsur yang penting untuk bisa menjadi desainer grafis. Hal tersebut dikarenakan kamu akan mendapatkan banyak proyek dengan ketentuan yang berbeda-beda. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu mencari inspirasi dan sesuatu yang baru. Salah satu caranya dengan melihat-lihat referensi lain. Hal tersebut juga akan membuat mata terbiasa melihat sesuatu yang menginspirasi.

2. Keterampilan Komunikasi

Tidak hanya lewat desain yang dibuat, seorang desainer grafis harus terampil dalam berkomunikasi baik tulis maupun lisan. Keterampilan komunikasi berguna manakala seorang graphic designer bekerja dengan klien dalam hal mendengarkan instruksi, saran, bahkan kritikan.

3. Menguasai Aplikasi Desain

Penguasaan software desain mutlak dikuasai oleh desainer grafis. Contoh aplikasi yang umum dikuasai adalah software Adobe mulai dari Photoshop hingga Illustrator. Dengan menguasai aplikasi tersebut, pekerjaan mendesain akan terbantu dan klien pun akan senang dengan hasilnya.

4. Kemampuan Presentasi

Seorang desainer grafis juga dituntut untuk memiliki kemampuan presentasi yang baik mengingat tidak semua klien paham soal desain. Maka dari itu, mereka butuh penjelasan mengenai bagaimana prosesnya sampai alasan kamu memilih font dalam desain yang dibuat.

5. Manajemen Waktu

Cara desainer grafis dalam mengelola waktu sangat dibutuhkan apalagi saat mereka harus menangani lebih dari satu proyek. Manajemen waktu penting agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Dengan begitu, klien dan atasan akan menganggap kamu sebagai seorang yang profesional.

***

Itulah penjelasan mengenai profesi desainer grafis, tugas hingga keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi seorang desainer grafis profesional. Nah, bagi kamu yang tertarik dengan pekerjaan desainer grafis, Bounche digital agency lagi membuka lowongan creative designer, nih! Buat yang tertarik, langsung aja cek informasi selengkapnya di sini ya https://www.bounche.com/career!