Berinvestasi di Konten?

content-marketing

Creative Digital Marketing Agency Bounche IndonesiaIklan televisi dan cetak bisa dibilang sebagai ‘sesepuh’ content marketing. Kini, blogging, interaksi di media sosial, konten website, konten video dan berbagai konten informasi digital lainnya merupakan cara tepat untuk meng-engage konsumen.

Dunia bisnis sedang memintal inbound marketing. Menurut buku Inbound Marketing yang ditulis pendiri HubSpot, Brian Halligan dan Varun Shah, inbound marketing adalah bagaimana sebuah perusahaan ditemukan dengan sendirinya oleh konsumen secara online, baik melalui search engine maupun situs-situs, seperti Facebook, YouTube dan Twitter.

Boleh dibilang kini inbound marketing merupakan komponen penting dari aturan baru marketing. Data dari Voltier Digital menyebutkan bahwa inbound marketing membutuhkan biaya 62 persen lebih rendah dibandingkan outbond marketing dalam menghasilkan leads. Sementara itu, 3 dari 4 kanal inbound marketing (blog, sosial media dan SEO) mempunyai biaya yang lebih rendah dalam menghasilkan lead dibandingkan kanal outbound manapun.

Content marketing merupakan salah satu strategi paling ampuh dalam penerapan inbound marketing. Sure, content is branding. Content marketing bisa menjadi alat branding yang kuat bila diimplementasikan dengan benar. Sederhananya, konten memang tidak dirancang untuk menjual produk atau jasa tertentu, melainkan untuk menarik calon konsumen potensial.

Dalam digital marketing konten memegang peranan penting, bukan hanya content is king tapi juga content is the new currency. Konten kini dapat membangun kepercayaan dan keakraban dengan calon konsumen. Konten juga membantu perusahaan ‘membeli’ perhatian konsumen dan mempengaruhi bagaimana konsumen memandang sebuah perusahaan. Content marketing benar-benar memberikan informasi berharga kepada konsumen yang bertujuan untuk membangun kepercayaan, merek, kesadaran dan sentimen positif. Kuncinya adalah transaksi informasi secara gratis dan berharga untuk menarik dan mengkonversi calon konsumen menjadi konsumen, lalu kemudian menjadi konsumen setia.

“Website saat ini bak sebuah lingkaran tak berujung yang selama 24 jam dalam 7 hari diisi dengan konten dan social actions. Dalam siklus ini, merek menyadari bahwa konten merupakan ‘mata uang’,” ungkap Bryan Rhoads selaku Global content strategy Intel.

Berinvestasi dalam content marketing kini sangat penting untuk membangun bisnis Anda. Survei yang dilakukan Hubspot menyebutkan bahwa merek yang memproduksi sedikitnya 15 post di blog setiap bulan mampu mencapai rata-rata 1.200 leads baru setiap bulannya. Sementara data lainnya menunjukkan bahwa 66 persen CMO (chief marketing officer) memperkirakan ROI (return of investment) positif dari upaya content marketing mereka.

Related Posts

Leave a comment