Mengenal Istilah-istilah Dunia Kerja dalam Bahasa Inggris

Dalam dunia kerja, tidak jarang kita temui banyak teman-teman kantor yang kerap menggunakan singkatan atau istilah bahasa Inggris dalam berkomunikasi. Baik itu komunikasi tertulis maupun komunikasi lisan sesuai kebutuhan. 

Tentu saja hal tersebut bukan masalah besar jika kamu sudah akrab atau sering mendengar istilah-istilah tersebut. Namun, untuk sebagian orang yang masih awam dan belum paham istilah-istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris tersebut, pasti akan mengalami kebingungan dalam mengartikan maksud pembicaraan rekan kerjanya.

Nah, maka dari itu kemampuan dalam berbahasa Inggris sebenarnya merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki setiap karyawan. Sebab, dengan kemampuan tersebut maka akan memudahkan kamu dalam proses komunikasi antar rekan kerja. Apalagi jika kamu sering keep in touch dengan klien yang sebagian merupakan orang-orang asing.  

Untuk membantu kamu dalam mengenal singkatan atau istilah bahasa Inggris, berikut ini bakal dijabarin sederet istilah-istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris. Yuk, simak!

MoM (Minutes of Meeting) 

Minutes of meeting (MoM) adalah catatan yang berisi rangkuman selama meeting berlangsung. MoM ini penting sebagai pengingat para peserta meeting terhadap hal apa saja yang harus dilakukan ke depannya atau sebagai evaluasi dari kejadian sebelumnya.

Concall (Conference Call)

Conference call adalah kondisi di mana seseorang dapat melakukan pembicaraan dengan dua orang berbeda atau lebih dalam waktu yang bersamaan. Biasanya concall paling sering diadakan melalui aplikasi ZOOM atau Google Meet. 

TBD (To Be Discussed

To be discussed adalah istilah yang biasa digunakan untuk menyebut suatu topik bahasan yang masih membutuhkan diskusi lebih lanjut dari pihak lain. 

TBC (To Be Confirm

To be confirm adalah kondisi di mana ada suatu rancangan atau informasi yang masih harus menunggu konfirmasi terlebih dahulu dari pihak yang bersangkutan. 

OT (Overtime)

Overtime dikenal juga dengan istilah lembur. Istilah ini cocok digunakan oleh pegawai atau karyawan yang bekerja melebihi jam kerja normal. Biasanya, karyawan bekerja secara overtime untuk mengejar deadline yang diminta oleh atasan.

SOP (Standard Operational Procedure

Standard Operational Procedures adalah standard yang ditetapkan oleh perusahaan sebagai panduan karyawan dalam bekerja. Biasanya, SOP dibuat oleh manager dengan tujuan karyawan dapat bekerja secara teratur. 

SoW (Scope of Work)

Scope of work adalah intruksi yang berisi persetujuan kerja sama dan perjanjian antara suatu perusahaan dengan talent atau influencer

KPI (Key Performance Indicator

KPI adalah alat ukur atau indikator untuk menilai seorang karyawan dari kinerja atau performa yang dihasilkan. Biasanya, KPI digunakan oleh perusahaan untuk melihat apakah seorang karyawan dapat bekerja sesuai dengan standard perusahaan atau tidak.

ASAP (As Soon As Possible)

Singkatan ini sebenarnya telah umum digunakan oleh banyak orang,i tidak hanya digunakan dalam dunia kerja saja. ASAP memiliki arti sesegera mungkin atau secepatnya. Biasanya suka digunakan saat atasan atau rekan kerja meminta revisi pekerjaan yang harus dikirim secepatnya.

HQ (Headquarter)

Headquarter dikenal juga dengan istilah kantor pusat. Istilah ini umumnya digunakan untuk perusahaan yang memiliki cabang atau gedung operasional lebih dari satu. Biasanya segala urusan administrasi dan inventaris akan tersimpan secara rapi di kantor HQ.

FU (Follow-up)

Follow up adalah suatu tindakan ketika kamu ingin menanyakan atau memberi informasi lanjutan tentang suatu pekerjaan dari/kepada orang lain.

Pitching

Pitching adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan seseorang untuk meyakinkan orang lain. Tujuan dari pitching itu sendiri bervariasi, bisa untuk mendapatkan pendanaan, berkolaborasi dengan perusahaan besar, dan lain sebagainya.

Workflow

Workflow adalah alur kerja yang digunakan oleh seorang pegawai saat menyelesaikan tugasnya. Jadi, workflow menggambarkan urutan tugas atau pekerjaan berulang yang membentuk sebuah proses bisnis.

Remote Working

Sedikit berbeda dengan kerja dari rumah alias work from home, remote working merupakan kondisi kerja jarak jauh di mana pegawai bebas untuk bekerja dari mana saja, selama ia bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline dan target yang telah disepakati. 

Turnover

Turnover adalah istilah bahasa Inggris dalam dunia kerja untuk menunjukkan bagaimana dinamika pegawai pada suatu perusahaan. Jadi, banyaknya pegawai yang keluar masuk dalam suatu perusahaan disebut dengan jumlah turnover

Niche

Niche adalah semacam spesialisasi dari suatu produk, baik itu produk digital atau non digital. 

Town Hall

Town hall adalah salah satu jenis meeting yang sengaja diadakan pihak perusahaan untuk menyampaikan update soal kondisi perusahaan. keadaan bisnis, dan lain sebagainya.

Revenue

Revenue adalah sebutan untuk pendapatan perusahaan, yaitu dana masuk yang diperoleh oleh suatu bisnis atau suatu posisi pekerjaan dalam jangka waktu tertentu. Revenue diperoleh dari hasil penjualan produk baik berupa barang atau jasa. i

Profit

Profit dalam dunia kerja berarti pendapatan yang diperoleh perusahaan setelah dikurangi dengan modal. Berbeda dengan revenue yang masih bersifat “kotor” karena belum dikurangi dengan modal dan biaya-biaya lainnya.

Brainstorm

Istilah brainstorm jika diartikan ke bahasa Indonesia bermakna curah pendapat, yakni semacam proses kreatif untuk menyelesaikan masalah dengan mencari gagasan atau ide secara spontan dalam waktu yang singkat.

Brief Deck

Adapun untuk istilah satu ini sebetulnya pasti kamu sudah tidak asing, sih. Iya, brief deck biasanya berbentuk slides atau power point. Umumnya brief deck adalah slides yang dibutuhkan untuk memberi informasi singkat terkait suatu produk atau suatu rencana bisnis pada setiap divisi di perusahaan.

Timeline

Dalam dunia kerja, timeline adalah perkiraan waktu atau perencanaan waktu yang dibutuhkan oleh pegawai dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Hybrid

Hybrid adalah sistem kombinasi antara pegawai bekerja dari kantor dan juga bekerja dari rumah. Misal dari total lima hari kerja, pegawai harus bekerja di kantor selama dua hari, lalu tiga hari selanjutnya pekerjaan bisa diselesaikan dari rumah. Sama halnya seperti yang saat ini Bounche Indonesia sedang terapkan terhadap karyawannya.

Quotation

Quotation adalah dokumen penawaran yang memuat harga, spesifikasi, serta syarat dan ketentuan pembayaran atas barang/jasa yang dijual. Dokumen ini dikeluarkan sebelum transaksi jual beli terjadi dan perlu persetujuan dari pihak pembeli sebelum transaksi bisa dilakukan.

Reimburse

Reimburse dapat diartikan sebagai ganti rugi atas biaya-biaya yang dikeluarkan, umumnya untuk urusan atau keperluan kantor.

Outing

Outing adalah salah satu kegiatan kantor yang bertujuan untuk rekreasi dan bersenang-senang. Biasanya, setahun sekali beberapa perusahaan mengadakan kegiatan outing dalam rangka mengapresiasi kerja karyawan dan juga memberikan karyawan untuk melepas penat dan lelah selama bekerja di perusahaan tersebut.

PFA (Please Find Attach) 

Please Find Attach merupakan sebuah instruksi untuk memeriksa sebuah dokumen terlampir yang dikirim melalui email.

PO (Purchase Order)

Purchase Order adalah sebuah bukti pemesanan atau dokumen yang berisi permintaan atas kebutuhan stok barang dan dikirim dari pihak pembeli kepada pemasok. Dari jenis barang, kuantitas, harga dan nomor dari PO itu sendiri semua akan tertera pada PO dokumen tersebut.

Itu dia sederet istilah-istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang bisa kamu ketahui dari artikel ini. Kira-kira, istilah bahasa Inggris mana nih yang menurutmu sering digunakan oleh para pekerja kantoran?

Related Posts